Mang Haji Abah: Orang yang Berhasil itu, Orang yang Makamnya Banyak Didatangi Mereka yang Masih Hidup untuk Mendoakannya

Editor Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Hikmah Mang Haji Abah sedang memimpin Manakiban Syech Abdul Qodir Jaelani di ponpesnya, Minggu (2/4/2023). /visi.news/bambang melga suprayogi
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KUTAWARINGIN – Pesantren Hidayatul Hikmah, di Kp. Gajah Eretan, Gajahmekar, Kecamatan Kutawaringin,  Kabupaten Bandung, menggelar manakiban Syech Abdul Qodir Jaelani rutinan tiap tanggal 11 Hijriah.

Dihadiri kurang lebih 600 orang jamaah yang datang dari berbagai kota, diantaranya dari Lampung, dan Jakarta, acara Manaqiban berjalan dengan lancar, dan penuh kehidmatan.

Hadir dalam acara manaqiban ini, penyanyi R & B Sania yang masih keluarga Pesantren Hidayatul Hikmah dan jajaran Pengurus PWI Kabupaten Bandung yang memberi santunan buat anak-anak yatim yang ada di sini.

Pada acara rutinan manakiban Syech Abdul Qadir Al Jaelani ini, Pimpinan Pesantren Rd. K.H. Asep Muhammad Hadimi (Abah Awing) yang lebih dikenal dengan panggilan Mang Haji Abah menyampaikan pesan pada para Jamaah bahwa, “Untuk yang hadir dan bisa datang ke sini, sudah pasti, akan memiliki niat yang kuat lillahi ta’ala.”

“Para jamaah yang mengikuti manaqib ini, insyaAllah, pada saat di tanya nanti di alam kubur oleh Malaikat Munkar dan Nakir nanti, tidak bertanya dalam keadaan berwajah yang buruk, dan menakutkan, tapi ia akan bertanya, dengan lemah lembut, disertai wajah yang tampan, menyenangkan, dan tidak membawa ketakutan buat kita,” ujarnya.

Orang yang dikatakan berhasil, kata Mang Haji Abah, bukan orang yang hebat dari sisi duniawinya, tapi yang dikatakan berhasil itu, adalah orang yang sudah meninggal, dan ia banyak di datangi oleh mereka yang masih hidup, untuk didoakan di tempat pemakamannya.

“Kita harus selalu bersyukur diberi sehat, bisa bernafas, dan harus bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah, itu sebagai bukti kita beriman,” tandas Mang Haji Abah menginggatkan para jamaah yang hadir di sana.

Baca Juga :  Putusan MP Perkuat Hasil Musda X Partai Golkar Kab. Bandung, H. Sugianto Ketua

Mang Haji Abah dalam kesempatan itu menyampaikan pula permohonan maafnya atas nama segenap keluarga besarnya, agar dimohonkan maafnya, dan minta agar para jamaahnya pun memaafkannya, “Karena dalam bulan Ramadan ini, adalah bulan yang penuh dengan kebaikan,” ungkapnya.

Pada Bulan Ramadhan yang baik ini, Mang Abah mengatakan, merupakan bulan yang afdhol, untuk melakukan amal kebaikan bersedekah, karena itu di usahakan, untuk kita bisa melakukan amal terbaik kita pada bulan ini, sebagai modal untuk menjemput 11 bulan lainnya di depan kita.

“Kalo kita memikirkan dunia, dan ternyata duniapun tidak kita dapat, maka rusak pikiran kita, rusak hati kita, sehingga yang terbaik adalah memikirkan akhirat. Karena jika kita memikirkan akhirat, maka kita harus percaya, dan harus yakin, bahwa Allah akan mendatangkan rezeki terbaik pada kita, karena rezeki itu sendiri, Allah lah yang mengaturnya.”

Ganjaran amal ibadah, yang kita lakukan pada bulan Ramadan ini, ungkapnya, akan mendapatkan dua ganjaran kebaikan, dan untuk itu, kita jangan dibuat pusing, atau pusing sendiri karena menghadapi bulan penuh keberkahan ini.

“Karena jika kita merasakan bahwa masuknya kita pada bulan penuh kebaikan ini, menjadikan kita pusing, maka hilang keberkahan, hilang kenikmatan, dan hilang sesuatu yang bisa kita bawa mati, yaitu amal, ibadah, keikhlasan, dan keimanan kita,” katanya.

Ia berharap, semoga bulan Ramadan ini kita semuanya di angkat derajatnya oleh Allah SWT, dan doa yang kita sampaikan pada Allah, harus doa terbaik dari kita, dan harus yakin akan di ijabah olehNya.

Acara haul dan Manaqiban Syech Abdul Qadir Al Jailani, di lanjutkan buka bersama, salat magrib berjamaah, dan ditutup dengan santunan untuk para santri di Pesantren Hidayatul Hikmah. @bambang melga suprayogi

Baca Juga :  Saat Negara-negara Arab Kutuk Serangan Macron Atas Islam

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bidhumas Polda Jatim Bagikan Ratusan Takjil

Sen Apr 3 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Kabidhumas Polda Jawa Timur Kombespol Dirmanto dan jajaran membagikan ratusan takjil untuk pengguna jalan yang melintas di Jalan A Yani. Kegiatan itu, merupakan program baru bidhumas selama Ramadan. Kombespol Dirmanto mengatakan, selain dibagikan ke pengguna jalan, takjil itu juga dibagikan kepada petugas kebersihan yang melintas […]