Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl Meninggal Dunia

Alfred Riedl.getty images/liu jin
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Mantan pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl dikabarkan meninggal dunia di Wina, Austria, Senin, (7/09) waktu setempat oleh media Austria Kurier.

Pria berusia 70 tahun tersebut dikabarkan tutup usia usai berjuang melawan sakit kanker yang dideritanya.

Kesehatan pria yang juga pernah menukangi Timnas Laos tersebut memang belakangan ini semakin memburuk. Sebelumnya bahkan Riedl pernah mendapatkan masalah dengan ginjalnya, sampai seorang fans Timnas Vietnam mendonasikan ginjal untuknya.

Media Austria, Kurier, memberitakan bahwa mantan pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl meninggal dunia pada usia 70 tahun. pic.twitter.com/Sy09yeL0gI

— PanditFootball.com (@panditfootball) September 8, 2020
Semasa masih aktif bermain Riedl merupakan pemain yang berposisi sebagai striker. Ia menjalani puncak kariernya pada periode 1976 hingga 1980 ketika bermain bersama Standard Liege. Riedl juga sempat masuk dalam Timnas Austria dan mencatatkan empat caps.

Ketika masih aktif bermain Riedl tercatat menggondol empat gelar juara, termasuk dua kali juara Liga Austria. Ia juga sempat menggondol gelar top skor di dua liga berbeda yakni Austria pada 1971-1972, divisi satu Belgia pada 1972-1973 dan 1974-1975.

Pengalaman melatihnya ia mulai pada 1989 bersama Wiener Sport-Club, salah satu klub tertua yang ada di Austria. Namun siapa sangka namanya menjadi begitu tenar di kawasan Asia Tenggara.

Tercatat Riedl pernah membesut Timnas Vietnam di tiga periode yakni 1998-2000, 2003-2004, dan 2005-2006. Lalu ia juga pernah menukangi Laos dan juga Indonesia.

Satu yang tak pernah terlupakan adalah pada periode pertama Riedl melatih Timnas Garuda pada 2010-2011. Saat itu ia nyaris membawa Timnas Merah Putih kampiun Piala AFF 2010.

Sayangnya Irfan Bachdim dan kawan-kawan harus puas menjadi runner-up usai takluk dari Malaysia. Riedl lalu kembali melatih Timnas pada 2013-2014 dan terakhir pada 2016.

Terima kasih Alfred Riedl atas segala yang telah kau berikan untuk sepak bola Indonesia. Selamat jalan. Rest In Peace. @fen/90min

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Karena Ada Kandidat Petahana dan Mantan ASN, Bawaslu Soroti Netralitas ASN

Sel Sep 8 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Adanya bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya dari petahana dan mantan aparatur sipil negara (ASN) pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berpotensi besar terhadap netralitas ASN. Bakal calon Bupati petahan yakni Ade Sugianto. Adapun bakal calon Bupati mantan ASN yakni Iwan Saputra dan Cep Zamzam […]