Maraknya Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Sleman Adakan Sosialisasi Cukai Rokok Lewat Budaya dan Olahraga

Editor Wakil Bupati Sleman saat mencoba panah tradisional pada acara sosialisasi terkait bea cukai rokok pada Sabtu (27/11/21)./inewsyogya.id.
Silahkan bagikan

Rokok menjadi penyumbang pajak terbesar di Indonesia, maraknya peredaran rokok dan tembakau tanpa bea cukai membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman membuat sosialisasi pada Sabtu (27/11/2021).

Fokus sosialisasi ini menyasar ke komunitas senam, komunitas sepeda ontel dan komunitas jemparingan di Kalurahan Purwomartani, Kapenewon Kalasan Kabupaten Sleman.

Danang Maharsa selaku Wakil Bupati Sleman mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi tersebut untuk mencegah adanya pelanggaran terhadap cukai tembakau illegal.

“Sosialisasi ini untuk menambah pengetahuan, wawasan dan mencegah terjadinya pelanggaran terhadap cukai tembakau ilegal,” kata Wabup Sleman Danang Maharsa.

Selain itu Wakil dari kantor Bea Cukai Yogyakarta Andrias Wunika Susi Lestyarini juga menegaskan bahwa sosialisasi tersebut diyakini sebagai salah satu upaya dalam memberikan pemahaman mengenai manfaat cukai legal bagi masyarakat setempat. Dengan adanya sosialiasi ini dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk memberantas jual beli rokok illegal. Sosialisasi ini juga menegaskan kepada masyarakat bahwa memperjual belikan rokok ilegal merupakan pelanggaran hukum.

Salah satu manfaat dari adanya cukai adalah dana tersebut dapat disalurkan untuk kepentingan masyarakat seperti kesehatan, BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada buruh rokok dan petani tembakau.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat sadar bahwa tembakau dapat menghasilkan dan memberikan pendapatan bagi daerah, dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui kegiatan positif seperti seni dan olahraga.”, ujarnya, dikutip dari iNewsYogya.id pada Sabtu (27/11/2021). @gil

 

Baca Juga :  Pengedar Narkoba Diringkus, Barang Bukti 18 Paket Sabu Disamarkan Dalam Sedotan

Mohammad Iqbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ridwan Kamil Dorong Masjid Kembangkan 'Kencleng Digital'

Sen Nov 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong pengurus masjid mengaplikasikan ‘kencleng digital’ agar infak dan sedekah jemaah semakin besar untuk kesejahteraan masyarakat.   Menurut Gubernur, transformasi digital perlu untuk merespons disrupsi revolusi industri 4.0 yang kini sedang terjadi di Indonesia. Pada era revolusi industri 4.0 ini seluruh aktivitas […]