Masjidilharam dan Nabawi Kini Mempunyai Robot Melayani dalam 11 Bahasa

Editor :
Syeikh Abdul Rahman as-Sudais meresmikan robot penyuluhan. /foto: reasahalharmain/ via okezone.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Masjidilharam dan Masjid Nabawi, Syeikh Abdul Rahman as-Sudais meresmikan robot penyuluhan.

Ini merupakan bagian dari Upaya Dewan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk memanfaatkan Inovasi Alat Pintar dalam Pelayanan Masjid Dua Tanah Suci.

Saat peresmian, Syeikh Sudais mengatakan penggunaan teknologi membawa nilai positif dalam melayani para jemaah haji dan pengunjung Masjid Dua Tanah Suci. Robot ini juga menerapkan jaga jarak dengan menghindari persentuhan atau kedekatan jarak antara yang memberi fatwa dengan penanya.

Salah satu kelebihan robot ini adalah memberikan pengarahan kepada para jemaah haji dan umrah tata cara pelaksanaan ibadah, memberikan fatwa dan jawaban kepada para penanya dari pengunjung Masjidilharam.

Robot ini juga memiliki terjemah langsung dengan berbagai bahasa, memungkinkan berhubung dengan para Syeikh dari jarak jauh, dapat dibuat beberapa penyuluhan pengenalan lebih dari satu bahasa, dan pengendalian robot dari jarak jauh.

Robot ini didukung dengan 11 bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Benggal, dan Housa.

Robot ini juga memiliki layar sentuh ukuran 21 inci yang dapat dimanfaatkan dalam pengoperasian beberapa pelayanan penting bagi para pengunjung Masjidilharam dari penyuluhan, arahan, dan mengemukakan pendapat.

Robot ini memiliki 4 roda yang dibekali dengan sistem penghentian pintar yang dapat digerakkan dengan baik dan mudah, sistem kamera di bagian depan dan bawah, canggih dan terang dalam pengambilan poto serta dapat mengambil poto di sekelilingnya, memiliki alat bantu dengar dengan suara yang jelas, mikrofon dengan kwalitas penyerapan canggih untuk pemindahan suara dengan terang, dan sistem wi-fi yang memiliki kecepatan 5 GHz berfungsi dalam memindahkan data dengan cepat.
@fen/sumber: okezone.com

Baca Juga :  Polemik PTM dan PJJ, Kepala Daerah Harus Fast Response

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gandeng PKL, Pemkot Madiun Sediakan Makan untuk Pasien Isolasi Mandiri

Sab Jul 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur memberdayakan para pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung yang ada di masing-masing RT wilayahnya untuk menyediakan kebutuhan makanan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah melalui kebijakan program satu RT satu dapur umum. Wali Kota Madiun Maidi mengatakan […]