Masjidilharam Siapkan Tim Khusus Awasi Pergerakan Jemaah, Masjid Nabawi Dibuka untuk Tarawih

Editor Petugas memeriksa barang bawaan pengunjung di Masjidil Haram, Arab Saudi./ /via ihram.co.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Presidensi Umum Masjidilharam dan Masjid Nabawi melalui Badan Urusan Teknis dan Pelayanan mengintensifkan tindakan pencegahan di gerbang Masjidilharam, Mekah.

Tindakan ini bertujuan menciptakan suasana nyaman dan aman bagi jemaah umrah dan pengunjung lain dalam beribadah. 

Direktur Departemen Gerbang di Masjidilharam Fahad Al-Jaaid mengatakan, departemen tersebut akan bertugas menerima jemaah salat dan jemaah umrah setibanya mereka di Masjidilharam.

Mereka juga sekaligus mengontrol proses masuk dan keluar jemaah. 

Departemen telah menyiapkan 150 pekerja yang akan berjaga sepanjang waktu untuk memandu pengunjung di Masjidilharam.

Tim ini mengatur pergerakan jemaah masuk dan keluar masjid agar tetap lancar sekaligus aman. 

Untuk tambahan, terdapat beberapa gerbang yang telah dilengkapi sinyal lampu dan rambu petunjuk yang membantu arus pergerakan jemaah.

Saat keadaan kosong, lampu akan menyala hijau. Lampu akan berubah menjadi merah jika kapasitas Masjidilharam telah mencapai batas yang ditetapkan. Setelah selesai beribadah, jemaah juga akan diarahkan segera keluar. 

Tetap Buka

Sementara itu, Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci menyatakan, Masjid Nabawi akan tetap dibuka untuk melaksanakan salat Tarawih selama bulan suci Ramadan. Namun, jemaah tetap diwajibkan menaati langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona.

“Salat Tarawih akan dilakukan di Masjid Nabawi selama bulan suci Ramadan bersama dengan salat wajib,” kata Presiden Presidensi Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Dr. Abdulrahman Al-Sudais dilansir dari Saudi Gazette, Sabtu (20/3/2021).

Menurutnya, rencana pembukaan Masjid Nabawi untuk pelaksanaan salat sunat Tarawih dibarengi dengan pertimbangan lainnya. Seperti target, alternatif, keadaan darurat, dan penanganan krisis untuk bulan Saban dan Ramadan serta hari raya Idulfitri.

Pihaknya juga telah menghitung dengan cermat dengan memperhatikan dampak arahan terbaru terhadap program dan sasaran serta intensitas pergerakan pengunjung dan jemaah di Masjid Nabawi.

Baca Juga :  Kronologi Pemberian Gelar Profesor Kehormatan Unhan untuk Megawati

“Tahun ini luar biasa di tengah pandemi Covid-19, ditandai dengan kehadiran jemaah di Masjid Nabawi dalam jumlah tertentu, sejalan dengan tindakan pencegahan,” tegas Al-Sudais.

Masjid Nabawi terang Al-Sudais, akan ditutup 30 menit setelah solat tarawih selesai dan akan dibuka kembali dua jam sebelum solah subuh. Namun di 10 terakhir bulan Ramadan, Masjid Nabawi akan dibuka penuh selama 24 jam.

Seluruh area Masjid Nabawi di masa pandemi ini akan mampu menampung hingga 60 ribu jemaah dengan tetap memberlakukan jarak sosial. Masjid Nabawi memiliki kapasitas operasional maksimum 45 ribu sedangkan plaza barat baru dapat menampung 15 ribu jemaah.

“Para jemaah diizinkan untuk berdoa di area Hassawaat, perluasan, atap, dan piazza, sesuai dengan rencana pengelompokan berdasarkan kepadatan dan penerapan tindakan pencegahan,” kata Al-Sudais.

Sedangkan untuk melakukan salat di dalam Haram Tua dan area Rawdah akan tetap dibatasi untuk pekerja dan staf Masjid Nabawi, dan kerabat almarhum, dan mereka yang mengikuti prosesi pemakaman salat jenazah.

Pada Ramadan sebelumnya, pihak berwenang menangguhkan pelaksanaan salat tarawih berjemaah di Masjid Nabawi sebagai upaya untuk mengekang penyebaran Covid-19 di Kerajaan. @fen/sumber: repubika.co.id

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Peserta Pementasan Kaulinan Khas Jabar Secara Virtual Melebihi Target

Sel Mar 23 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Peserta pementasan Permainan Kaulinan Tradisional khas Jawa Barat secara virtual, yang digagas Jabar Bergerak Cianjur, Jawa Barat, melampaui target dari 20.021 menjadi 21.112 dengan jumlah video sebanyak 4.964, sedangkan waktu masih tersisa hingga dua pekan ke depan.  “Antusiasme warga masyarakat dan sekolah di tanah air terutama di […]