Masuk Zona Merah, Satpol PP Tertibkan PKL di Jalan Dalem Kaum

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung tengah berupaya optimal menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Jalan Dalem Kaum ke Basemen Alun-alun Kota Bandung.

Permasalahan PKL di Jalan Dalem Kaum yang masuk ke dalam zona merah, terang Sekretaris Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi, sudah berlangsung sejak 2013 namun hingga saat ini masih belum tuntas.

“Pemindahan penjual kuliner di Jalan Dalem Kaum ke basemen pada tahun 2016 adalah langkah awal dan sekarang Pemkot Bandung melalui Satgas Khusus tengah merelokasi penjual lainnya ke Basemen Alun-alun. Semoga menjadi solusi yang mengakhiri permasalahan ini,” ungkapnya.

Meskipun telah dilakukan sosialisasi dan rapat di kantor kelurahan, kecamatan, Satpol PP hingga Dinas KUKM, Idris mengakui masih mengalami kendala.

“Tidak semua PKL setuju dengan pemindahan ini karena takut akan berdampak pada penghasilan mereka,” ujarnya.

Kendati demikian sosialisasi terus dilakukan, terlebih Satpol PP juga melakukan pendekatan yang bersifat humanis dalam berkomunikasi dengan PKL.

“Kami bersifat humanis dalam melakukan pendekatan kepada PKL, semua tahapan sudah dilakukan antara lain sosialisasi seperti diundang rapat-rapat sampai diperingatkan tetapi jika tidak dapat tuntas dengan pendekatan humanis, maka terpaksa kami melakukan tindakan represif. Kami harus menjalankan Perda dan Perwal yang berlaku, bahwa di zona merah harus ditertibkan,” paparnya.

Idris Kuswandi menjelaskan, penertiban ini penting karena Kota Bandung merupakan tujuan wisata sehingga harus rapih dan cantik.

“Bandung adalah tujuan wisata jadi harus rapih apalagi dikenal sebagai Paris Van Java, Kota Kembang. Penertiban ini pun dibarengi dengan solusi pemindahan ke basemen Alun-alun Bandung dan nanti kalau sudah tuntas maka akan dilakukan launching,” ungkapnya.

Baca Juga :  Guru Honorer P3K Menaruh Harapan Kepada Kang DS untuk Perubahan

Dengan keterlibatan berbagai pihak dan upaya pencegahan yang dilakukan, diharapkan pemindahan PKL Dalem Kaum ke Basement Alun-alun dapat menjadi langkah positif menuju ketertiban dan kenyamanan di Kota Bandung.

“Kepada para PKL Dalem Kaum mudah-mudahan bisa segera pindah, kota yang rapih untuk kenyamanan kita semua,” pungkasnya.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cak Imim Bertemu Abuya Muhyiddin Sumedang di Mesjid Nabawi

Sab Des 16 , 2023
Silahkan bagikan Setibanya di Masjid Nabawi Madinah, Cak Imin bertemu dengan ulama kharismatik, KH M. Muhyiddin Abd Qodir Al-Manafi, Pimpinan Ponpes Assyifa wal Mahmudiyah, Tanjungsari, Sumedang. Selepas ajakan tersebut, Abuya mendoakan Cak Imin agar diberi kekuatan dan keberkahan dalam menjalankan amanah. #aminkanIndonesia VISI.NEWS | MADINAH – Calon Wakil Presiden Nomor […]