Masyarakat Wajib Tahu! Biaya Perawatan Pasien Corona di RS Ditanggung Negara

Editor :
Masyarakat wajib tahu bahwa biaya perawatan pasien corona di RS ditanggung negara, tegas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito./ via kontan.co.id/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Beberapa waktu lalu, ada laporan dari sejumlah media massa, yang mengabarkan seorang pasien di Depok, Jawa Barat ditolak rumah sakit dan diharuskan membayar uang muka untuk mendapatkan ruang isolasi.

Hal ini mendapatkan tanggapan langsung dari Satgas Penanganan Covid-19. Melalui situs resminya pada Jumat (29/1/2021), Satgas Penanganan Covid-19 memperingatkan pihak rumah sakit agar menerima pasien Covid-19 yang datang.

“Keadaan ini tidak bisa dibenarkan. Seperti yang selalu disampaikan, perawatan terkait Covid-19, sepenuhnya ditanggung negara, atau pemerintah,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Gedung BNPB, Kamis (28/1/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, seperti dilansir Kontan.co.id.

Wiku mengimbau rumah sakit agar dapat mengikuti aturan pemerintah dalam menangani pasien Covid-19. Jika tidak diindahkan pihak rumah sakit, ada sanksi yang akan dijatuhkan, apabila terbukti adanya pelanggaran atas aturan tersebut.

Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 akan terus memonitor pelanggaran seperti itu. Sehingga bagi masyarakat yang mengalaminya, segera melaporkan ke dinas kesehatan setempat atau satgas setempat.

“Mohon agar semua rumah sakit mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, dan selalu berkoordinasi apabila ada kendala, agar tidak menyulitkan masyarakat,” tegas Wiku.

Di samping itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga menganjurkan para tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19. Karena tenaga kesehatan merupakan kelompok rentan karena menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan penelitian, tenaga kesehatan memiliki risiko penularan tiga kali lebih besar dari masyarakat pada umumnya. @fen

Baca Juga :  Ramai-ramai Tolak Rencana PPN Sembako hingga Sekolah

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembangunan Jalan Lingkar Cipanas Garut Dapat Bantuan Pemprov Rp 39 M

Jum Jan 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pembangunan infrastruktur jalan Lingkar Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendapat perhatian dari pemprov dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 39 miliar. Dana tersebut untuk membantu Pemkab Garut dalam merampungkan proyek jalan baru yang akan mempermudah akses jalur wisata di Kota Garut yang pengerjaannya sudah dimulai sejak 2018. . […]