Mau Kuliah di Korea? Inilah 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Editor Menguasai Bahasa Korea menjadi salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki jika ingin serius menempuh pendidikan di Korea Selatan. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Saat ini, Korea Selatan bukan hanya bersinar di dunia hiburan dengan K-Pop dan K-Dramanya, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) di tahun 2018 lalu, Korea Selatan menempati peringkat ke-7 dengan perolehan skor pada kompetensi Membaca, Matematika, dan Sains dengan nilai masing-masing yaitu 514, 526, dan 519. Bila dibandingkan dengan perolehan skor PISA milik negara kita, secara berturut-turut skor untuk Membaca, Matematika, dan Sains adalah 371, 379, dan 396. Indonesia hanya mampu menempati peringkat ke-74 dari 79 negara.

Tak heran, tingginya kualitas pendidikan di Korea Selatan salah satunya disebabkan oleh kebiasaan belajar para siswanya yang tekun dan rajin. Bila kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Negeri Ginseng, platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum lima universitas terbaik yang dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022.

1. Seoul National University (SNU)

Bagi kamu pecinta K-Drama mungkin sudah tidak asing dengan universitas yang satu ini. SNU adalah universitas paling bergengsi dan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Letaknya yang strategis serta banyaknya kerja sama yang dimiliki dalam tingkat internasional menjadikan SNU menarik perhatian banyak orang. Universitas ini memiliki 16 perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan 10 sekolah pascasarjana profesional yang menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD. Jaringan alumni SNU dikenal sebagai yang terkuat di Korea Selatan, sehingga akan memudahkan perjalanan karir alumni kedepannya.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Baca Juga :  Berkas Kasus Penganiayaan hingga Tewas Mantan Kadis Binamarga Kab. Ciamis Dilimpahkan ke Kejaksaan

KAIST menjadi universitas pertama yang berfokus pada sains dan teknologi, alasan pendiriannya disebutkan sebagai “pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi”. Menariknya, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, melainkan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi. Dan kamu tidak perlu khawatir, karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST dibawakan dalam bahasa Inggris.

Universitas yang berada di pusat kota Daejeon ini telah menghasilkan berbagai penemuan dalam hal teknologi, bahkan berbagai barang elektronik yang kamu gunakan mungkin saja didesain oleh alumni dari KAIST.

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam Bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua kampus, kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, sedangkan kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

Sebagai universitas tertua yang telah berdiri sejak era Dinasti Joseon, SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal, seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

4. Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai negara membuat Yonsei mengadakan tiga program khusus yang bisa dipilih oleh para mahasiswa internasional, yaitu Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei. Selain itu, terdapat lebih dari 100 klub bagi mahasiswa, atau di Indonesia disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satu tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari universitas ini adalah Park Jin Young, pendiri JYP Entertainment.

Baca Juga :  HASIL dan JADWAL LIGA 1: Persib "Nangkring" di Puncak, Persija Cuma Berbagi Angka dengan Persik

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST merupakan salah satu universitas yang terbilang sangat muda, karena baru diresmikan pada tahun 2019. UNIST terletak di Ulsan, yaitu pusat industri Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan oleh UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi. Kelas terbanyak yang dimiliki universitas ini adalah teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya.

Uniknya, seluruh kelas dibawakan dalam Bahasa Inggris, sehingga UNIST adalah satu-satunya universitas yang menerapkan Bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya.

Nah, dari kelima universitas di atas, mana yang menjadi incaranmu? Yang perlu diingat, dengan kualitas pendidikan Korea Selatan yang tinggi, persaingan untuk memperebutkan kursi sebagai mahasiswa tentu sangat ketat. Selain semangat dan tekad, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mempelajari budaya dan bahasa lokal.

Meskipun sebagian universitas ini menyampaikan materi dalam Bahasa Inggris, ada baiknya kamu untuk menguasai Bahasa Korea dasar jika ingin serius menempuh pendidikan di Korea Selatan. Bagaimanapun, pemahaman ini akan berguna saat kamu harus berinteraksi dengan warga lokal, membaca petunjuk jalan, hingga memahami informasi yang disampaikan dalam Bahasa Korea. Mempelajari bahasa asing juga memberikan beberapa keuntungan tambahan, seperti peningkatan kemampuan kognitif, perluasan wawasan dan pergaulan, menambah nilai diri, hingga terbukanya kesempatan bagi kamu untuk menambah penghasilan dengan menjadi guru.

Kalau kamu tertarik untuk belajar Bahasa Korea, kamu bisa mempelajarinya dengan asik melalui “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS” yang berisi live class bersama tutor lokal dan native speaker dari Korea Selatan. Materi belajar yang digunakan diambil dari buku “Learn! KOREAN with BTS” yang dibuat berdasarkan kurikulum yang dikembangkan langsung oleh HYBE EDU.@nia

Baca Juga :  Hj. Renie: Semua Warga Mempunyai Hak Sama Calonkan Diri sebagai Calon Bupati

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lepas 92 Calon PMI ke Korsel, Kepala BP2MI Tegaskan Peran Strategis Pekerja Migran

Jum Feb 4 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | DEPOK – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali melepas Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Program G to G Korea Selatan sebanyak 92 orang di Wisma Hijau, Depok- Jawa Barat, Kamis (3/2/2022). Pelepasan CPMI kali ini terdiri dari 40 PMI re-entry dan 52 PMI reguler yang merupakan […]