MDI Kutuk Bom di Katedral Makassar

Editor :
H. Deding Ishak./rmol.co.id/screenshot

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Deding Ishak mengutuk keras bom bunuh diri. di Katedral Makasar, Ahad kemarin. Dia meminta masyarakat tenang dan tidak terprovokasi dengan menyerahkan sepenuhnya pengusutan kasus ini kepada aparat kepolisian.

“Kami meminta Kapolri agar mengusut tuntas kasus ini,” kata Deding yang juga Ketua Komisi Hukum dan HAM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Menurut Deding, kasus bom bunuh diri di Katedral Makassar ini tidak ada kaitannya dengan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). Alasannya tidak ada agama apapun yang mengajarkan jihad bunuh diri dengan sasaran untuk menghancurkan sarana ibadah umat beragama.

“Ajaran Islam justru mengajarkan untuk menghindari kekerasan, ajaran Islam justru mengajarkan untuk menebar perdamaian,” ujar Deding yang juga Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jawami Bandung ini.

Ditambahkan, jika terjadi perbedaan pendapat atau perbedaan pandangan seharusnya dapat diselesaikan dengan cara dialog atau bermusyawarah. “Bukan dengan cara perang,” ujar Deding yang juga mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI.

Oleh sebab itulah, dia menegaskan bahwa kasus ini menjadi tantangan bagi Kapolri baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas kasus ini dan memastikan bahwa tindakan bom bunuh diri itu adalah sikap pribadi pelaku dan tidak mencerminkan ajaran agama yang berlaku di Indonesia.

“Indonesia bukan negara agama tetapi negara yang beragama,” ujarnya sembari mengutip Pasal 29 Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang memberikan kebebasan beragama bagi para pemeluknya untuk menjalankan ibadah dan kepercayaannya.

Sebelumnya terjadi ledakan di depan gereja Katedral Makassar, Ahad pagi. Saat ledakan terjadi, sejumlah Jemaah gereja sedang beribadah. Selain potongan manusia, di lokasi kejadian juga tampak sejumlah orang terluka dan dievakuasi ke rumah sakit.@sim

Baca Juga :  Lansia di Tasikmalaya Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Plafon Rumah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengurus Ranting Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun Dilantik

Sen Mar 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sebanyak 12 pengurus ranting Pemuda Pancasila se-Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung menjalani prosesi pelantikan di kawasan wisata Kawah Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/ 2021). Pelantikan pengurus ranting itu langsung dilaksanakan oleh Ketua Pemuda Pancasila Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Ibun Risman Daryusman dan disaksikan […]