Mendag Zulkifli Hasan Bahas Kenaikan Harga Minyak Goreng Merek Minyakita

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkap kabar terbaru rencana kenaikan harga minyak goreng merek Minyakita. Dia dan jajarannya akan membahasnya dalam rapat internal. Saat ini, Minyakita dibanderol Rp 14.000 per liter. Jika ditambah Rp 1.500, harga jualnya menjadi Rp 15.500 per liter. Kenaikan ini mengikuti naiknya harga bahan pokok lainnya, termasuk beras. Mendag Zulkifli Hasan menambahkan bahwa keputusan ini diambil setelah melalui pertimbangan matang, memperhatikan daya beli masyarakat dan harga pokok produksi para produsen.

Rencana kenaikan HET Minyakita sebesar Rp 1.500 per liter ini diprediksi akan terjadi setelah Idul Adha 2024. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan daya beli masyarakat dan HPP dari produsen. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga pernah membahas persoalan minyak goreng dan penghapusan Harga Eceran Tertinggi (HET) dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR.

Kenaikan harga minyak goreng, khususnya merek Minyakita, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya meliputi:

Kenaikan Harga Bahan Baku: Jika harga bahan baku minyak goreng, seperti kelapa sawit atau kedelai, mengalami kenaikan, produsen akan cenderung menaikkan harga jual produk mereka untuk mengimbangi biaya produksi yang lebih tinggi.
Kenaikan Biaya Produksi: Faktor-faktor seperti biaya tenaga kerja, transportasi, dan pengemasan juga mempengaruhi harga minyak goreng. Jika biaya produksi meningkat, produsen mungkin akan menyesuaikan harga jualnya.
Fluktuasi Nilai Tukar Mata Uang: Jika minyak goreng diimpor dari negara lain, fluktuasi nilai tukar mata uang dapat memengaruhi harga. Jika mata uang domestik melemah terhadap mata uang asing, harga impor akan naik.
Permintaan dan Penawaran: Jika permintaan minyak goreng meningkat sementara pasokan berkurang, harga akan cenderung naik. Hal ini dapat terjadi karena musim tertentu, perubahan gaya hidup, atau faktor lain yang memengaruhi konsumsi.
Namun, untuk informasi lebih lanjut tentang alasan kenaikan harga Minyakita.

Baca Juga :  40 Kiai Jatman dan Para Ahli Thariqah Restui dan Siap Menangkan Paslon "NU Pasti Sabilulungan"

@shintadewip

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Indonesia Meningkatkan Hubungan Pertahanan Global dengan Pembentukan Komite Ratifikasi Strategis

Rab Jun 19 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalam sebuah langkah signifikan menuju penguatan kerjasama internasional di bidang pertahanan, Komisi I DPR RI telah menyetujui pembentukan Panitia Kerja (Panja) untuk membahas lima Rancangan Undang-Undang (RUU) Ratifikasi. Pertanyaan kritis dari Teuku Riefky, “Apakah dapat disetujui? Pemerintah?” mendapat respons afirmatif dari anggota Komisi I dan […]