Mendagri: Jangan Coreng Pilkada dengan Tindak Pidana Seperti Korupsi

Editor :
Ilustrasi pilkada./dok./net.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, mengajak semua pihak terkait langsung dan tidak dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, untuk mendukung suksesnya pesta demokrasi tahun ini.

“Ini penting bagi demokrasi saat ini, semua harus menjaga segala potensi kerawanan yang tak hanya bersifat konvensional, tetapi juga kerawanan karena adanya pandemi Covid-19,” kata Tito dalam Webinar Nasional Pilkada Berintegritas 2020 yang digelar secara virtual di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, seperti dilansir dari merdeka.com, Selasa (20/10).

Tito menegaskan, pesta demokrasi tidak boleh menjadi media penularan virus. Jangan juga dicoreng oleh berbagai pelanggaran yang menyalahi peraturan KPU dan undang-undang, apalagi terjadi konflik kekerasan, masalah tindak pidana, seperti korupsi.

“Pilkada untuk bisa sukses itu merupakan suatu orkestra dari seluruh elemen,” yakin Tito.

Tito merinci, elemen penting Pilkada, seperti Pemerintah, kemudian Penyelenggara Pemilu, KPU dan Pengawas Pemilu yakni Bawaslu, TNI-Polri, juga Tokoh dan Organisasi Masyarakat.

“Ini diharapkan menjadi pihak yang betul-betul netral. Sebab pengalaman di lapangan, terutama di daerah, lebih khususnya lagi dalam Pilkada, acapkali ada penyelenggara yang tidak netral. Jadi kita menjamin netralitas hingga di tingkat bawah, itu tidak gampang,” katanya.@mpa

Baca Juga :  Serukan Calon Bupati Anti Korupsi, GNPK RI Apresiasi Pernyataan Asep Ikhsan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Indramayu Pastikan Semua Tahapan Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan

Sel Okt 20 , 2020
Silahkan bagikan– “Selain itu kami juga menyediakan sarung tangan sekali pakai. Nantinya setiap warga yang memilih atau mencoblos harus mengenakan sarung tangan,” ujarnya. VISI.NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memastikan semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. “Semua tahapan […]