Menelusuri Jembatan Cirahong (2): Kerap Dikaitkan dengan Cerita Horor dan Mistis

Editor Jembatan Cirahong yang kerap dikaitkan dengan cerita horor dan mistis./visi.news/budi s ombik
Silahkan bagikan

Catatan Budi S. Ombik

VISI.NEWS – Bagi penikmat wisata, Cirahong memiliki daya tarik tesendiri. Jembatan yang mirip dan serupa di mancanegara seperti Sydnes (Australia) atau Manhattan di Amerika itu, tentu sangat menggoda.

Keberadaannya sebagai jembatan double deck atau geladak ganda yang memiliki fungsi dual mode alias 2 in 1 (two in one) merupakan satu-satunya di Indonesia.

Yang membedakan dengan dua jembatan di Australia dan Amerika adalah jalur. Di kedua negara tersebut jalaur kereta api dan jalur lalu lintas kendaraan masing -masing sudah dua jalur.

Sementara Jembatan Cirahong hanya satu jalur. Meski demikian jembatan yang menandai dua wilayah kabupaten tersebut menjadi kebanggaan.

Pada hari-hari libur dan bulan Puasa merupakan tempat favorite untuk menikmati suasana alam terbuka. Impitan perbukitan kiri dan kanan adalah suguhan eksotik.

Belum lagi hamparan persawahan yang juga sebagai permadani Cirahong, adalah menu suguhan alam. Kondisi ini pun dipercantik nuansa mata jauh memandang.

Tak ketinggalan, lekukan sungai Citanduy yang membelah bukit mengisyaratkan wilayah itu terbelah menjadi dua nama tempat yang berbeda.

Tak heran para pemburu alam bebas pun mengejar waktu untuk menyaksikan keindahan tersebut, yakni menjelang sore hari atau pagi hari.

Lengkaplah sudah jika menyaksikan locomotif melaju di atas rel jembatan Cirahong. Saat itulah detik-detik menegangkan bagi para pengguna lalu
lintas yang berada di bawahnya.

Meski terasa singkat, getaran saat locomotif KA melintas terasa sangat menantang.

Hal lain yang tak kalah seru keberadaan Cirahong adalah cerita horor. Jembatan yang berada di wilayah Jalan Cirahong, Desa Margaluyu, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, itu kerap dikaitkan dengan hal mistis.

Baca Juga :  Airlangga Ogah Komentari Baliho Capres 2024 di Tengah Pandemi

Tinggi 46 m

Jembatan yang memiliki bentang panjang 202 meter, berada di ketinggian 66 meter di atas Sungai Citanduy yang bermuara ke Laut Kidul. Ditopang penyangga beton setinggi 46 meter.

Jembatan dengan nomor registrasi BH 1290 ini berada di sebelah timur Stasiun Manonjaya di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung.

Dari ceritera ke cerita atau dari mulut ke mulut berkembang menjadi narasi yang menakutkan. Jembatan Cirahong diselimuti horor.

Awal pembangunan tahun 1893 oleh perusahaan kereta api milik pemerintahan Hindia Belanda, meminta korban tumbal sepasang pengantin yang keduanya berparas cantik, tampan (perawan dan perjaka).

Awalanya sang mandor yang juga penguasa saat itu, tak menggubris celotehan sesepuh/kuncen wilayah tersebut.

Suatu ketika saat pemasangan fondasi beton di antara Sungai Citanduy terjadi banjir bandang. Padahal waktu itu tak ada tanda- tanda hujan atau mendung.

Cuaca di sekitat lokasi justru sangat cerah. Sinar matahari terasa membakar para pekerja pembuatan jembatan.

Sejak peristiwa itu, sang mandor/penguasa akhirnya percaya pada sesepuh/kuncen Sungai Citanduy.

Rekaperdaya serta serta tipu muslihat yang licik, mulai diterapkan sang penguasa. Sebab di antara para pekerja pembangunan jembatan tersebut, salah satunya ada yang bermaksud melangsungkan pernikahan.

Sebelumnya sang penguasa/mandor merasa kebingungan mencari sepasang mempelai yang masih perawan dan perjaka.

Setelah mengetahui pekerjanya ada yang mau menikah, dimulailah skenario tipu muslihat. (Bersambung)

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pemprov Jabar Siap Bantu Pendidikan Anak Yatim Piatu Terdampak Pandemi

Sen Sep 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama pemkab/pemkot siap mendampingi dan membantu biaya pendidikan anak-anak di provinsi itu yang berstatus yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. “Semua yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal Covid-19, tentu nomor satu pendidikannya akan kita urus semuanya minimal sampai SMA […]