Mengatur Keuangan di 2024, Ini Tips dari Para Ahli

Editor Ilustrasi. /pexels/karolina grabowska
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Awal Tahun 2024 merupakan waktu yang tepat untuk lebih membenahi pengaturan keuangan Anda. Bagi Anda yang ingin meraih sukses yang lebih besar di tahun ini, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan keuangan. Mengatur keuangan dengan baik dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan, mengurangi beban utang, dan meningkatkan kesejahteraan.

Namun, bagaimana cara mengatur keuangan di tahun 2024 dengan efektif? Berikut ini adalah beberapa tips dari para ahli yang dapat Anda terapkan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Tentukan tujuan keuangan yang jelas

Mulailah dengan menetapkan tujuan keuangan yang spesifik, seperti membeli rumah, membayar utang, atau menabung untuk pendidikan anak. Tujuan yang jelas akan membantu Anda dalam mengarahkan pengeluaran dan investasi dengan lebih efektif.

“Tujuan keuangan harus SMART, yaitu spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan berbatas waktu,” kata Certified Financial Planner, Financial Planning Standards Board Indonesia.

2. Buat anggaran tahunan

Buat anggaran yang rinci untuk seluruh tahun 2024. Hitung pendapatan bulanan dan tentukan alokasi untuk pengeluaran rutin, investasi, tabungan darurat, dan kebutuhan khusus lainnya. Ini membantu mengontrol pengeluaran dan mengalokasikan dana dengan bijaksana.

“Anggaran adalah alat untuk mengukur kinerja keuangan Anda. Anda dapat mengevaluasi apakah Anda sudah sesuai dengan rencana atau tidak,” kata mantam Direktur Keuangan PT Bank Central Asia Tbk, yang sekarang jadi salah satu pemegang saham bank tersebut Eugene Keith Galbraith.

3. Menjadi lebih selektif saat berbelanja

Salah satu tantangan dalam mengatur keuangan adalah mengendalikan godaan untuk berbelanja. Anda perlu menjadi lebih selektif dalam memilih barang atau jasa yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga :  Posting Foto dengan Judul "Adek2ku Calon Teroris yang Abang Sayang", Denny Siregar Dilaporkan ke Polisi

“Jangan tergoda oleh diskon atau promo yang tidak perlu. Belilah sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual kembali yang baik,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey.

4. Bayar utang dan kurangi beban keuangan

Prioritaskan untuk membayar utang, terutama yang memiliki bunga tinggi. Strategi pelunasan utang akan membantu mengurangi beban keuangan dan meningkatkan fleksibilitas finansial.

“Gunakan metode salju atau metode lawin untuk melunasi utang. Metode salju adalah membayar utang dengan saldo terkecil terlebih dahulu. Metode lawin adalah membayar utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu,” kata Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Sunarso.

5. Investasikan dengan bijak

Tentukan strategi investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda dan tingkat risiko yang dapat Anda toleransi. Diversifikasi portofolio investasi untuk mengurangi risiko.

“Jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Sebar investasi Anda di berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, reksa dana, emas, properti, dan lainnya. Pilih instrumen yang memiliki prospek baik dan sesuai dengan profil risiko Anda,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia, Bambang S. Anindyajati.

6. Evaluasi dan perbarui rencana

Lakukan evaluasi rutin terhadap rencana keuangan Anda. Perhatikan perubahan dalam keadaan keuangan atau kehidupan pribadi yang dapat memengaruhi rencana tersebut. Segera sesuaikan rencana jika diperlukan.

“Evaluasi rencana keuangan Anda setidaknya setiap tiga bulan. Jika ada perubahan signifikan, seperti kenaikan gaji, pernikahan, kelahiran anak, atau pensiun, maka revisi rencana keuangan Anda sesuai dengan kondisi baru,” kata Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Darmawan Junaidi.

7. Perhatikan perlindungan asuransi

Pastikan memiliki asuransi yang mencukupi seperti asuransi kesehatan, jiwa, properti, dan lainnya. Perlindungan ini penting untuk mengamankan keuangan Anda dari risiko tak terduga.

Baca Juga :  TAUSIAH: Buya Yahya, "Amalan di Bulan Muharram Harus Bersandar pada Hadis Sahih"

“Asuransi adalah bentuk perlindungan diri dan keluarga dari risiko keuangan yang mungkin terjadi. Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk mengecek klaim dan layanan asuransi secara berkala,” kata Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Dadang Sukresna.

Demikianlah tips dari para ahli untuk mengatur keuangan di tahun 2024. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda meraih sukses yang lebih besar di tahun depan.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dede Farhan Aulawi Sampaikan Prognosa Keamanan dan Ekonomi Global 2024

Rab Jan 3 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sebagaimana diketahui perang saat ini masih terjadi antara Rusia vs Ukraina, dan Israel vs Palestina. Dalam prakteknya perang tersebut sebenarnya sudah semakin melebar dan melibatkan beberapa negara, meskipun ada yang terlibat langsung ataupun tidak langsung. Banyak mata yang terus mencermati situasi ini dan berharap agar […]