Menjelang Lebaran Tim Jejaring Keamanan Pangan Sidak ke Pusat Perbelanjaan

Editor Anggota Tim Terpadu Jejaring Keamanan Pangan Kota Solo, memeriksa kelayakan konsumsi bahan pangan yang dijual di salah satu pusat perbelanjaan./visi.news/tok suwarto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menjelang Lebaran 2021 yang tinggal sekitar 2 minggu, Tim Terpadu Jejaring Keamanan Pangan Kota Solo, Selasa (27/4/2021), menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap makanan siap konsumsi yang diperdagangkan di distributor, toko swalayan, dan pusat perbelanjaan di Kota Solo.

Tim terpadu yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Polresta Surakarta, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Solo, Dinas Perdagangan (Disdag), Satpol PP, Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian Pemkot Solo, secara acak memeriksa syarat keamanan pangan berbagai produk makanan dan minuman untuk keperluan lebaran.

Kepala Bidang (Kabid) Data Sumber daya dan Kesehatan DKK Solo, Sri Rahayu Susilowati, di sela sidak menjelaskan kepada wartawan, pemeriksaan terhadap keamanan pangan wajib dilakukan setiap menjelang lebaran karena biasanya pada bulan Ramadan dan lebaran tingkat konsumsi pangan kemasan sangat tinggi.

“Pemerintah melakukan inspeksi sebagai upaya untuk menjaga keamanan pangan supaya produk makanan dan minuman di pasaran memang layak konsumsi. Tujuan tim memeriksa sampel secara acak, untuk memastikan keamanan pangan sekaligus mengedukasi masyarakat agar berhati-hati dalam membeli produk makanan dan minuman yang layak konsumsi,” katanya.

Dalam melaksanakan sidak secara serentak, tim pengawas bahan makanan dibagi dua dengan target berbeda. Tim pertama bergerak ke arah selatan dan barat Kota Solo, dengan sasaran pusat perbelanjaan Luwes Gading, pedagang kurma di sepanjang jalan Kapten Mulyadi, pusat perdagangan grosir Hypermart dan Solo Paragon Mal.

Pada saat yang sama, tim kedua bergerak ke arah Kota Solo sisi utara, antara lain ke sasaran Luwes Mojosonggo dan distributor makanan di kawasan Jagalan.

Di akhir sidak, Sri Rahayu Susilowati, selaku koordinator tim mengimbau masyarakat yang membeli berbagai produk pangan di pasaran menjelang lebaran agar lebih teliti. Di antara yang perlu diperhatikan dalam memilih manakan dalam kemasan, adalah masa kedaluwarsa dan keutuhan kemasan yang biasanya diobral pada masa menjelang lebaran.

Baca Juga :  ITB Ogah Terseret Kegaduhan GAR-ITB

“Hal yang perlu diperhatikan adalah, tanggal kedaluwarsa dan kondisi kemasan makanan. Sewaktu permintaan pasar meningkat seperti menjelang lebaran, banyak barang yang hampir habis masa kedaluwarsanya atau barang yang rusak kemasannya ada dijual,” jelasnya. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dede Yusuf dan Rombongan Kunjungi SMK Wirakarya Ciparay Kab. Bandung

Rab Apr 28 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. H. Dede Yusuf Macan Effendi, M.Ipol, Selasa (27/4/2021) sore mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Pengembangan Generasi Muda Indonesia (YPPGMI) di Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu meninjau langsung ruang […]