Menjelang Penghujung Bulan Sya’ban, Perbanyak Amalan Ini

Editor Ilustrasi/via sindonews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bulan Sya’ban adalah bulan yang penuh keistimewaan dan keutamaan dalam Islam. Bulan ini merupakan bulan Rasulullah SAW, karena beliau sangat memuliakan bulan ini dengan memperbanyak puasa, shalawat, doa, dan amalan lainnya. Bulan Sya’ban juga menjadi bulan persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan Allah SWT.

Menjelang penghujung bulan Sya’ban, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Amalan-amalan ini dapat meningkatkan ketaatan, keimanan, dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta mendatangkan berbagai kebaikan dan keberkahan. Berikut ini adalah beberapa amalan yang bisa dilakukan menjelang penghujung bulan Sya’ban:

Puasa sunnah

Puasa sunnah di bulan Sya’ban adalah salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Beliau sering berpuasa hampir sebulan penuh di bulan ini, kecuali beberapa hari terakhir. Puasa sunnah di bulan Sya’ban dapat menghapuskan dosa-dosa, melatih kesabaran, dan menjaga kesehatan tubuh. Puasa sunnah yang bisa dilakukan antara lain adalah puasa Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan), puasa Senin-Kamis, dan puasa Ayyamul Bidh (tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah).

Berdoa

Doa adalah senjata orang beriman, yang dapat menghubungkan diri dengan Sang Pencipta. Dengan berdoa, kita dapat memohon kebaikan, keselamatan, dan keberkahan dari Allah SWT. Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca di bulan Sya’ban, baik di pagi hari maupun di waktu lainnya. Salah satunya adalah doa memohon keberkahan di bulan Sya’ban, yaitu:

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya’bana, wa ballighna Romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rahmatika ya Arhamar Rohimin.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud-maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

Baca Juga :  Pemprov Jabar Siap Bantu Pendidikan Anak Yatim Piatu Terdampak Pandemi

Berdzikir

Berdzikir adalah mengingat dan menyebut nama-nama Allah SWT dengan lisan, hati, dan perbuatan. Berdzikir dapat menenangkan jiwa, menghapuskan kegelisahan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdzikir juga dapat menghapuskan dosa-dosa dan meningkatkan derajat di sisi Allah SWT. Beberapa bacaan dzikir yang bisa dilakukan di bulan Sya’ban antara lain adalah bacaan istighfar (memohon ampun), bacaan tasbih (memuji Allah), bacaan tahmid (mengagungkan Allah), bacaan tahlil (menyatakan keesaan Allah), dan bacaan takbir (mengakui kebesaran Allah).

Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT, yang merupakan petunjuk, rahmat, dan obat bagi manusia. Membaca Al-Qur’an dapat memberikan pahala, keberkahan, dan kebijaksanaan kepada pembacanya. Membaca Al-Qur’an juga dapat membersihkan hati, menyinari pikiran, dan menyejukkan jiwa. Di bulan Sya’ban, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, terutama surah Yasin di malam Nisfu Sya’ban, karena surah ini memiliki banyak keutamaan dan keajaiban.

Membaca shalawat

Shalawat adalah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan uswatun hasanah (teladan yang baik) bagi umat Islam. Membaca shalawat dapat mendatangkan rahmat, syafaat, dan cinta dari Allah SWT dan Rasul-Nya. Membaca shalawat juga dapat menghapuskan dosa-dosa, menambah amal shaleh, dan mendekatkan diri kepada Nabi Muhammad SAW. Di bulan Sya’ban, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat, terutama shalawat Nariyah, karena shalawat ini memiliki banyak keistimewaan dan keberkahan.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Golkar Jabar Juara Pemilu 2024, Ace Hasan Syadzily: Ini Berkat Kerja Keras Kader

Sel Feb 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil meraih suara terbanyak di Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2024, baik untuk pemilihan anggota DPR RI maupun DPRD provinsi. Hal ini menunjukkan kemenangan telak partai berlambang pohon beringin di wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Berdasarkan data real […]