Menkes Budi Ungkap Kasus Covid-19 Naik Lagi Akibat Buka Sekolah dan Takziah

Editor Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin./sekretariat presiden/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan masih ada peningkatan kasus positif Covid-19 di 126 kabupaten/kota, beberapa penyebabnya yakni, kegiatan sekolah dan keagamaan.

Budi mengatakan, beberapa di antaranya konsisten terus naik dalam tiga pekan terakhir meski tidak signifikan dan masih terkendali.

“Minggu lalu berdasarkan observasi di Kemenkes ada 126 kabupaten/kota yang naik, beberapa di antaranya tiga minggu berturut-turut naik,” kata Budi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/11/2021), dilansir Suara.com.

Dia mengungkapkan, beberapa daerah yang mengalami kenaikan kasus itu disebabkan oleh kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dan kegiatan keagamaan.

“Sebagian besar kenaikannya disebabkan oleh adanya kasus positif di sekolah dan takziah, sekolah-sekolah yang PTM itu juga dilakukan surveilans yang ketat sehingga ketika ada indikasi bisa dilakukan tindakan agar tidak menyebar,” jelasnya.

Budi juga akan segera berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim untuk mengantisipasi kasus Covid-19 di sekolah semakin meluas ke masyarakat.

“Saya dengan Pak Nadiem akan konsolidasi, rencananya minggu ini bisa kita selesaikan bagaimana kita bisa melakukan PTM tapi dengan surveilans yang lebih proaktif,” tutupnya.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.250.855 orang Indonesia, masih terdapat 9.018 kasus aktif, 4.098.178 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 143.659 jiwa meninggal dunia. @fen

 

Baca Juga :  Kami Tidak Menolak Perubahan Anggaran tapi Kami Hanya Minta Dilakukan Pembahasan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penataan Kuliner Sultan Agung di Kota Bandung Diharapkan Dongkrak Perekonomian

Sel Nov 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Area kuliner Sultan Agung selesai ditata dengan baik. Harapan yang tinggi tidak hanya bisa menghidupkan kembali ekonomi pasca kampanye Covid-19, namun PKL bisa naik kelas dengan skala perdagangan yang lebih besar. Ketua Satgas Jalan Jalan Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, dalam upaya pemulihan ekonomi […]