Menteri Haji: Arab Saudi Menyambut Lebih dari Dua Juta Peziarah dari 160 Negara

Editor Ilustrasi. /saudigazette
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JEDDAH — Lebih dari dua juta jamaah dari lebih 160 negara di seluruh dunia akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Hal ini diungkapkan Menteri Haji dan Umrah Keeajaan Arab Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah, seperti dikutip dari saudigazette, Rabu (21/6/2023).

“Jumlah reservasi penerbangan bagi mereka yang datang ke Kerajaan untuk menunaikan ibadah haji mencapai 1,7 juta,” katanya.

Hal itu disampaikan menteri usai merilis film penyambutan tamu Tuhan di akun resmi kementerian. Dikatakannya, jumlah tenaga kesehatan yang melayani jemaah melebihi 32.000 orang. “Dalam beberapa hari, jutaan umat Islam dari seluruh dunia akan melantunkan talbiyah agung. Pemerintah dan masyarakat Arab Saudi turut andil dalam memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji tanpa repot oleh para tamu Allah,” katanya.

Al-Rabiah mengucapkan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman atas tindak lanjut layanan yang diberikan kepada para tamu Allah, sehingga mereka dapat melakukan ritual perjalanan iman mereka dengan mudah dan nyaman. kenyamanan.

Mengacu pada sistem transportasi di tempat-tempat suci, Al-Rabiah mengatakan bahwa tempat-tempat suci Mina, Arafah dan Muzdalifa dihubungkan dengan sistem transportasi yang terintegrasi dan dilengkapi dengan infrastruktur yang terintegrasi. “Para peziarah merasakan spiritualitas tinggi, keamanan, dan perasaan senang yang tetap ada dalam ingatan mereka, terlepas dari banyaknya bahasa,” katanya sambil mencatat bahwa kereta listrik Mashair yang ramah lingkungan hadir di garis depan sistem itu, karena terdiri dari sebanyak 17 kereta api yang meliputi 9 stasiun, dengan perkiraan kapasitas operasional 72.000 penumpang per jam, selain keberadaan frequent bus yang jumlahnya melebihi 24.000 bus.

Menteri juga berbicara tentang pengaturan rumit yang dibuat untuk para peziarah. “Kepemimpinan kami telah memanfaatkan sistem kesehatan, keamanan, dan layanan sipil serta peralatan canggih, dengan kemampuan Saudi yang luar biasa, di semua lokasi terutama di Mina, yang merupakan kota tenda terbesar di dunia, dengan luas lebih dari 192.000 meter persegi hingga dapat menampung semua jamaah. Ini dalam rangka mengembangkan tutupan vegetasi tempat-tempat suci dan meningkatkan pelayanan bagi jemaah, serta memungkinkan mereka untuk melakukan ritual dengan mudah dan nyaman, ” ujarnya.

Baca Juga :  Tokoh Baleendah : Kenapa Kapal Keruk di Citarum Tak Difungsikan Lagi ?

Al-Rabeeah menekankan bahwa kementerian sedang bekerja keras untuk memastikan kenyamanan para tamu Allah dan untuk mencapai pengalaman yang kaya dalam haji. “Pencapaian ini bukan hasil beberapa hari, tetapi merupakan usaha bertahun-tahun yang digali segala kemungkinan untuk mewujudkan kenyamanan jemaah haji,” imbuhnya.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

24 Karya Jurnalistik Nasional Raih PLN Journalist Award 2022, Ini Daftar Pemenangnya

Rab Jun 21 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Award 2022 bertema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan. Sebanyak 24 karya jurnalistik terbaik terpilih dari total 1.003 karya yang ikut serta dalam ajang tersebut. Penghargaan diserahkan langsung Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada para […]