Menuju Future Governance 5.0, Bupati Gus Muhdlor Ajak 31 RS Dukung Lomba RT Sehat

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SIDOARJO – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak 31 rumah sakit di Kabupaten Sidoarjo untuk berkolaborasi mendukung lomba “RT Sehat.” Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di tingkat RT (Rukun Tetangga), Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo itu menyampaikan pentingnya peran aktif rumah sakit dalam memberikan dukungan.

Pasalnya,  RT Sehat ini untuk mendukung perubahan paradigma Kabupaten Sidoarjo menjadi future governance 5.0 yang didalamnya adalah self governing community (komunitas yang mengurusi urusannya sendiri).

“Saya ingin, paradigma pemerintah sok tau, pemerintah tau mana yang baik, harus benar-benar di rubah menjadi future governance dan self governing community yang mana untuk menuju pemerintahan yang maju dibutuhkan sinergi berbagai stakeholder baik pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga lainnya,” katanya saat membuka acara “Sosialisasi UU Kesehatan No 17 Tahun 2023 dan Sosialisasi Lomba RT Sehat” di Hotel Luminor Sidoarjo pada Kamis (25/1/2024).

Gus Muhdlor juga menambahkan lomba RT Sehat ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sehingga peran aktif warga dan pihak rumah sakit  sangat diperlukan.

“Kami percaya bahwa dengan melibatkan rumah sakit, kita dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di tingkat yang lebih lokal, seperti RT,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati berharap rumah sakit di Sidoarjo dapat berkontribusi dalam lomba ini terutama dalam sosialisasi kesehatan, pencegahan stunting, serta ODF (Open Defecation Free) untuk derajat kesehatan masyarakat Sidoarjo yang lebih baik.

“Kontribusi rumah sakit di Sidoarjo sangat kami perlukan untuk mendukung Bupati Sidoarjo dan Wakil Bupati Sidoarjo dalam upaya merubah paradigma Kabupaten Sidoarjo menjadi future governance 5.0 di tahun ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Muncul Spanduk Bonek Tolak Aremania Hadiri Sidang Tragedi Kanjuruhan

Sementara itu, Direktur RSI Siti Hajar dr. HM Zulfikar As`ad menyambut baik perubahan paradigma di Kabupaten Sidoarjo terutama dalam hal kesehatan masyarakat Sidoarjo.

“Saya mendukung secara penuh semua program Kabupaten Sidoarjo pada bidang kesehatan dan diharapkan dapat membawa dampak positif dalam peningkatan kesehatan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Sekedar informasi, beberapa kriteria dalam penilaian lomba RT Sehat ini adalah terdapat gerakan masyarakat sehat (germas) pada lingkungan RT, senam sehat rutin, posyandu aktif, bebas ODF, serta zero stunting.

Selain lomba RT Sehat, untuk perubahan menuju future governance 5.0 adalah lomba RT Mandiri Sejahtera, lomba RT Asri, lomba RT Budidaya, dan lomba RT Jimpitan. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pilpres Kemungkinan Dua Putaran, Hasil Survei Lima Lembaga ini Belum Ada Pasangan Capres yang Tembus 50 Persen

Jum Jan 26 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan dengan elektabilitas tertinggi menurut lima lembaga survei terakhir. Namun, elektabilitas mereka belum mencapai angka 50 persen yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan presiden (pilpres) secara langsung. Berdasarkan data yang dikumpulkan […]