Microsoft Meluncurkan Viva Sales yang Meningkatkan Aktivitas Penjualan dan Produktivitas

Editor Ilustrasi. /blogs.microsoft.com
Silahkan bagikan
  • Viva Sales berfungsi dengan setiap CRM yang digunakan tenaga penjual, mengotomatisasi pemindahan data, serta menghadirkan analisis data yang didukung AI bagi tenaga penjual pada Microsoft 365 dan Microsoft Teams.

VISI.NEWS | REDMOND – Pada Kamis, Microsoft Corp. meluncurkan Microsoft Viva Sales, aplikasi kerja bagi tenaga penjual (seller experience application). Viva Sales melengkapi setiap sistem CRM dengan data interaksi pelanggan dari Microsoft 365 dan Microsoft Teams. Viva Sales lalu memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mempersonalisasi rekomendasi dan analisis agar tenaga penjual semakin terhubung dengan pelanggan. Fitur tersebut mempermudah personalisasi yang dilakukan pihak penjual ketika berinteraksi dengan pelanggan sehingga kesepakatan lebih cepat tercapai.

Tenaga kerja semakin membutuhkan banyak hal dari perusahaan di tengah dunia kerja hybrid pada saat ini—dari perangkat yang digunakan, hingga waktu dan lokasi kerja. Tren tersebut terlihat jelas di kalangan tenaga penjual. Maka, Viva Sales membantu tenaga penjual memanfaatkan analisis dari Microsoft 365 dan Teams, mengurangi pemindahan data (data entry) secara manual, serta memperoleh rekomendasi dan pesan pengingat yang didukung AI—sekaligus mengelola alur kerja. Viva Sales mempermudah aktivitas penjualan melalui analisis dengan konteks yang tepat pada perangkat yang telah dipakai tenaga penjual. Hal ini menghemat waktu tenaga penjual dan menyediakan analisis pelanggan yang lebih lengkap bagi perusahaan.

“Masa depan penjualan tidak terletak pada sistem yang baru. Aktivitas penjualan ditentukan ketersediaan informasi yang diperlukan tenaga penjual pada momen dan konteks yang tepat pada perangkat yang telah dikenalinya. Dengan demikian, pekerjaan menjadi lebih mudah,” ujar Judson Althoff, Executive Vice President & Chief Commercial Officer, Microsoft. “Kami selalu ingin membantu tenaga penjual agar lebih sering berinteraksi dengan pelanggan—maka, kami meningkatkan aktivitas penjualan dengan Viva Sales.”

Baca Juga :  Pemeran Mak Lampir Farida Pasha Meninggal karena Covid-19

“Tenaga penjual mengandalkan perangkat kerja digital untuk kolaborasi dan produktivitas ketika berinteraksi dengan pelanggan, serta memfinalisasi penjualan. Namun, banyak analisis yang diperoleh dengan perangkat tersebut tidak diolah di CRM,” kata Paul Greenberg, Pendiri dan Managing Principal, The 56 Group. “Microsoft menjawab tantangan ini dengan menawarkan solusi yang melengkapi CRM. Viva Sales mengotomatisasi pekerjaan tenaga penjual yang sangat padat, mengolah informasi penting tentang pelanggan, serta membantu tenaga penjual menyelesaikan pekerjaannya.”

Meningkatkan aktivitas penjualan

Viva Sales dirancang dengan Microsoft Viva yang diluncurkan tahun lalu. Viva menjadi platform terintegrasi yang meningkatkan pengalaman bekerja. Viva juga menyatukan komunikasi, pengetahuan, pembelajaran, target, dan analisis sehingga setiap orang dan tim mewujudkan kinerja terbaik di lokasi mana pun. Viva Sales mewujudkan aplikasi Viva pertama yang berbasiskan jabatan kerja (role-based), dan secara khusus didesain untuk tenaga penjual:

Viva Sales menyediakan sarana kerja bagi tenaga penjual sekaligus memberikan analisis yang diperlukan eksekutif di bidang penjualan. Saat bekerja, tenaga penjual dapat melakukan tag pada pelanggan di Outlook, Teams, atau aplikasi Office seperti Excel. Lalu, Viva Sales secara otomatis menyimpannya sebagai dokumentasi pelanggan (customer record), serta melengkapinya dengan seluruh data yang relevan tentang pelanggan. Sebelumnya, fitur otomatis yang menyimpan data interaksi pelanggan ini tidak tersedia. Data ini juga mudah dibagikan dengan anggota tim sambil berkolaborasi di Office dan Teams tanpa harus mengetik ulang atau mencari data di CRM.

Didukung data dan AI, Viva Sales merekomendasikan langkah selanjutnya untuk melakukan pendekatan pelanggan melalui saluran penjualan (sales funnel), memprioritaskan pekerjaan dan langkah berikutnya, serta membantu tenaga penjual mengakses histori lengkap dan materi interaksi pelanggan. Analisis pelanggan secara seketika memberikan pemahaman yang lebih utuh tentang fase pelanggan dalam proses pembelian, serta memandu hubungan dengan pelanggan.

Baca Juga :  REFLEKSI | Sholawat itu Mujizat Nabi Kita

Viva Sales juga menyediakan rekomendasi yang didukung AI agar tenaga penjual mampu meningkatkan interaksi pelanggan—mengoptimalkan tindak lanjut dengan langkah yang tepat, pesan pengingat yang dapat ditindaklanjuti, serta rekomendasi tentang cara mempercepat dan memfinalisasi penjualan. Viva Sales menggunakan Context IQ, dilansir pada musim gugur lalu, guna menjamin konten yang relevan terhubung di aplikasi dan layanan Microsoft—seperti Dynamics 365 dan Microsoft 365 agar tenaga penjual dapat menghemat waktu dan mengikuti alur kerja.

Dengan Viva Sales, Microsoft menciptakan aplikasi kategori baru yang meningkatkan aktivitas penjualan. Microsoft berada di posisi yang unik untuk menawarkan jenis aplikasi ini dalam aplikasi produktivitas dan kolaborasi yang telah dipakai tenaga kerja.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Atasi Banjir, Pemkot dan Pemkab Bandung Kolaborasi Bangun Kolam Retensi di Tegalluar

Kam Jun 16 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung sepakat membangun kolam retensi di Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Hal ini sebagai upaya mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di kawasan Bandung timur. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya mengembangkan potensi daerah dan pelayanan publik, […]