Minum Air Rebusan Daun Paria Setiap Hari, Rasakan Efeknya Seperti Ini

Editor Air rebusan daun paria. /youtube.com/sharmin’s kitchen)
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Daun paria, atau yang juga dikenal sebagai daun pepaya, adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun paria mengandung berbagai zat aktif, seperti papain, karpain, flavonoid, saponin, dan alkaloid, yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti malaria, demam, infeksi, radang, dan diabetes.

Salah satu cara untuk memanfaatkan daun paria adalah dengan merebusnya dan meminum air rebusannya. Air rebusan daun paria memiliki rasa yang pahit, tetapi memiliki efek yang luar biasa bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa efek yang dapat dirasakan jika Anda minum air rebusan daun paria setiap hari:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun paria memiliki sifat antioksidan, antiviral, antibakteri, dan antijamur, yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit. “Minum air rebusan daun paria setiap pagi dapat membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi,” kata dr. Rizal, seorang dokter umum di Jakarta.

Menurunkan kadar gula darah

Daun paria memiliki sifat hipoglikemik, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan menghambat penyerapan gula di usus. “Daun paria dapat membantu mengontrol diabetes dan mencegah komplikasi yang ditimbulkannya, seperti gangguan ginjal, mata, saraf, dan jantung,” kata dr. Siti, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Bandung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun paria memiliki sifat antiinflamasi, antispasmodik, dan antidiare, yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti maag, kembung, sembelit, dan diare. “Daun paria dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari usus,” kata dr. Budi, seorang dokter spesialis gastroenterologi di Surabaya.

Mencegah kanker

Daun paria memiliki sifat antikanker, yaitu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis, yaitu kematian sel kanker. “Daun paria dapat membantu mencegah kanker dengan cara menghentikan siklus sel kanker dan memicu mekanisme pertahanan tubuh untuk menghancurkannya,” kata dr. Rina, seorang dokter spesialis onkologi di Yogyakarta.

Baca Juga :  Ali Jamil: Pemetaan Zona Rawan untuk Memperkuat Pengawasan

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Daun paria memiliki sifat antiaging, yaitu dapat mencegah penuaan dini dengan cara melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Daun paria juga memiliki sifat antiseborrheic, yaitu dapat mengatasi masalah rambut berminyak dan ketombe. “Daun paria dapat membantu menyehatkan kulit dan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit dan rambut,” kata dr. Dian, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin di Medan.

Itulah beberapa efek yang dapat dirasakan jika Anda minum air rebusan daun paria setiap hari. Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena daun paria juga memiliki efek samping, seperti mual, muntah, sakit perut, dan alergi. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun paria, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti hamil, menyusui, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Ringan Menghiasi Langit Bandung: BMKG Imbau Warga Tetap Waspada

Sab Des 16 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca Kota Bandung untuk hari Sabtu, 16 Desember 2023. Menurut laporan tersebut, Bandung diperkirakan akan mengalami hujan ringan sepanjang hari (16/12/2023). Pada pagi hari, warga Bandung diharapkan mempersiapkan diri untuk hujan ringan. Meskipun hujan tidak terlalu […]