MUI Bedah Buku “Peran Ulama Melayu Indonesia di Cape Town”

Editor Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Makassar bedah buku karya Prof Dr HM Hamdar Arraiyyah MAg, di Hotel Aston Jl Sultan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (23/7/2022).Ilustrasi gedung MUI pusat/mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Makassar bedah buku karya Prof Dr HM Hamdar Arraiyyah MAg, di Hotel Aston Jl Sultan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (23/7/2022).

Adapun buku yang dikaji berjudul “Peran Ulama Melayu Indonesia di Cape Town Sejak Akhir Abad XVII-Awal Abad XX1.”

Ketua MUI Makassar Dr KH Baharuddin Abduh Shafa MA, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas bedah buku tersebut. Menurutnya, buku tersebut sangat menarik untuk dibahas karena tokoh yang disebutkan adalah ulama asal Sulsel Syekh Yusuf Al Makassary.

“Banyak pencerahan dan motivasi yang didapatkan ketika membicarakan ulama kharismatik ini,” kata KH Baharuddin, melansir laman MUI pusat dari muisulsel.com.

KH Hamdar Arraiyyah, mengatakan, masih banyak jejak perjuangan dan dakwah Islam Syekh Yusuf di Afrika Selatan yang harus digali.

“Buku ini ditulis dari catatan perjalanan dan hasil wawancara saya selama melakukan penelitian langsung di Cape Town Afrika Selatan,” kata Hamdar.

Dia menambahkan, “Syekh Yusuf tidak hanya sebagai ulama, tapi beliau juga diberi gelar pahlawan. Hal ini bisa dilihat rekam jejaknya dalam berdakwah dan perjuangan dalam mengusir penjajah.”

Mengenai simpang siurnya makam Syekh Yusuf, menurut Hamdar, dari hasil penelusuran dan wawancara dengan ulama di Afrika Selatan, Syekh Yusuf lahir di Gowa dan dimakamkan di Afrika Selatan.

Prof Hamdar yang juga sebagai ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Makassar ini juga menunjukkan bukti-bukti foto ketika berkunjung ke situs sejarah Syekh Yusuf di Cape Town.

Penyelenggara bedah buku ini juga menghadirkan sejarawan dan psikolog yaitu Prof Dr H Kadir Ahmad MA dan DR H Andi Muh Sabiq Mansyur M Si.

Turut hadir Sekertaris Umum MUI Makassar DR KH Masykur Yusuf MA dan Bendahara Umum Drs HM Yunus HJ. @fen

Baca Juga :  Ketua MUI: Sertifikasi Halal Satu-satunya Pilihan Kembangkan Ekonomi Umat

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berkolaborasi dengan Pemkab, Kemenag Kab. Bandung Ingin Maksimalkan Fungsi KUA

Sen Jul 25 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KABUPATEN BANDUNG – Kemenag Kabupaten Bandung, baru-baru ini menggelar acara Rapat Dinas Tetap (Radintap) Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kab.Bandung di Aula Serbaguna Kemenag. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung, H. Abdurahim, S.Ag, M.Si membuka acara sekaligus memberikan arahan. Kakankemenag membahas mengenai pentingnya mewujudkan fungsi dan tupoksi KUA […]