MUI Dukung Edaran Salat Tepat Waktu untuk ASN Muslim

Editor Ilustrasi azan./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menyambut baik surat edaran (SE) Plt Gubernur Sulsel nomor 451/10533/B.KESRA tentang imbauan Gerakan Shalat Berjamaah dan Literasi Alquran bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) beragama Islam di ruang lingkup Pemprov Sulsel.

“Kami dari MUI mendukung imbauan Plt Gubernur Sulsel untuk salat berjemaah dan membaca Al Quran minimal dua halaman per hari sebelum mulai pekerjaan,” ungkap Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najmuddin di Makassar, Selasa (9/11/2021), seperti dilansir mui.or.id.

Dukungan MUI Sulsel telah disampaikan melalui maklumat yang dirilis pada 8 November 2021 tentang Literasi Al Quran bagi umat Islam.

Melalui maklumat tersebut, MUI juga mengimbau seluruh umat Islam untuk membudayakan Maghrib Mengaji Bersama Keluarga (MMBK), agar terbina keakraban dalam lingkup keluarga berdasarkan nilai-nilai Al Quran.

Sebelumnya, Sekretaris Umum MUI Sulsel, KH Muammar Bakry, juga mengatakan bahwa kebijakan Plt Gubernur Sulsel adalah upaya menumbuhkan tradisi dan budaya Islami di lingkup Pemprov Sulsel.

Selain itu, kata Muammar, langkah tersebut bisa semakin mendekatkan umat Islam dengan kitab suci Al Quran.

“Selama untuk kebaikan dan edaran itu ditujukan khusus untuk umat Islam, saya kira itu tradisi yang baik. Itu disebut tradisi dan budaya Islami,” ujarnya.

Kendati hal tersebut tidak ada dalam hadis maupun ayat Al Quran, ujar Muammar, namun ini menjadi laku yang baik untuk dibiasakan dan dibudayakan guna mendekatkan umat Islam kepada kitab suci kita yakni Al Quran.

Ada dua poin imbauan dalam edaran itu. Disebutkan, edaran tersebut dalam rangka mendukung program Pemprov Sulsel untuk pembinaan mental spiritual, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Ksatria Pecinta Lingkungan Siap Abdikan Diri untuk Kab. Bandung

Poin pertama disebutkan, mengimbau seluruh ASN yang beragama Islam lingkup Pemprov Sulsel untuk membaca Al Quran minimal dua halaman per hari sebelum memulai pekerjaan.

Pada imbauan berikutnya, menghentikan seluruh kegiatan saat azan berkumandang dan segera melaksanakan salat fardu secara berjemaah di masjid/musala terdekat. @fen/sumber: mui.or.id/antara

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Minta Naik Gaji, Buruh Geruduk Kantor Wali Kota Cimahi

Kam Nov 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIMAHI – Ratusan buruh di Kota Cimahi, Jawa Barat, menggeruduk kantor Wali Kota Cimahi, Jalan Rd. Djulaeha Karmita pada Rabu (10/11/2021). Mereka meminta kebijakan khusus perihal Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2022. Berdasarkan pantauan di lapangan, para buruh yang tergabung ke dalam berbagai serikat dan aliansi di […]