MUI Imbau Orang Tua Tak Perlu Takut Memasukkan Anaknya ke Pesantren

Editor Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menghimbau orang tua untuk tidak perlu takut untuk memasukkan anak ke pondok pesantren.

Diketahui, seorang santri bernama Albar Mahdi, asal Palembang, Sumatra Selatan yang meninggal diduga karena dianiaya oleh senior di Pondok Pesantren Modern Gontor 1, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

“Tentunya kita ikut prihatin dengan kejadian di Gontor dan mungkin di beberapa pesantren lainnya,” kata Kiai Cholil saat dihubungi MUIDigital, Rabu (7/9/2022), dilansir dari laman resmi MUI pusat.

Kiai Cholil menyebut, kejadian tersebut merupakan di luar kehendak manusia dan kontrol pesantren.

Kiai Cholil juga meminta pada setiap pondok pesantren untuk meningkatkan pengawasan dan kontrol pada setiap santri.

“Mungkin dari sekian ribu bahkan kalau Gontor sekian juta, inilah mungkin peristiwa yang tidak diinginkan,” sambungnya.

Oleh karenanya, Kiai Cholil menegaskan kepada orang tua untuk tidak perlu takut memasukkan anak ke pondok pesantren.

Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah ini menilai, mayoritas santri di Gontor masih bisa di kontrol dan terbukti hasilnya dari alumni Gontor yang bisa mewarnai dunia.

“Bukan hanya mewarnai Indonesia. Pejabat, wamenlu, menteri agama dan beberapa sektor banyak yang alumni Gontor,” ungkapnya.

Kiai Cholil mengatakan, kalaupun terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di pondok pesantren, hal itu sangat kecil kemungkinan yang di luar batas penjagaan manusia.

“Silahkan bapak ibu, untuk memasukkan (anak) pada pondok pesantren, percayalah pesantren memegang amanah,” ujarnya. @fen

Baca Juga :  Pesawat Pembom Tanpa Awak LONGUAV Dipamerkan di IDEX 2023

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menag Yaqut Dukung Helat Kongres Ulama Perempuan Indonesia II

Kam Sep 8 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan dan audiensi panitia Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II tahun 2022. Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II mengusung tema ‘Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkeadilan’. Menurut rencana  KUPI II akan diselenggarakan di Jawa Tengah pada 23-26 […]