MUI Ingatkan Umat tak Perlu Takut Vaksin Selama tak Bahaya

Editor :
Foto: ilustrasi vaksin./via republika.co.id/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Bidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Huzaemah Y Tanggo menegaskan, masyarakat dan umat tidak perlu takut jika vaksinasi dilakukan.

Asalkan vaksin yang diberikan tidak mengandung unsur haram dan tidak berbahaya bagi keselamatan jiwa dan raga.

“Kalau sudah ada keputusan tidak berbahaya, ya sudah (masyarakat) jangan takut (divaksin),” kata Huzaemah, Ahad (10/1/2021), seperti dilansir Republika yang menghubunginya.

Meski fatwa halal vaksin virus corona jenis baru 2019 (Covid-19) telah dikeluarkan MUI, kata dia, keputusan mengenai bahaya atau tidaknya vaksin Covid-19 diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jika ditelisik dari sisi kehalalan, dia menjelaskan, secara bahan baku dan proses pembuatan vaksin Covid-19 tidak ada yang melanggar ketentuan syariat.

Namun demikian, ketentuan halal tentunya tidak bisa disamakan dengan ketentuan dan standar yang diterapkan oleh BPOM.

Menurut dia, saat ini BPOM masih terus melakukan pengecekan terkait vaksin Covid-19.

Dia juga menilai bahwa munculnya keraguan di kalangan masyarakat yang enggan divaksin salah satunya karena mengkhawatirkan efek samping. Seperti adanya kemungkinan bahaya yang berjangka panjang yang dapat membahayakan tubuh lantaran vaksinasi dilakukan.

“Tapi kalau vaksin itu menurut BPOM aman, maka sebaiknya ya divaksin. Itu lebih baik,” ujarnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Ini, KPU Kab Tasikmalaya Umumkan Hasil Tindak Lanjut Rekomendasi Bawaslu Terkait Pelanggaran Administrasi

Ming Jan 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Hari ini, Senin (11/1/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya berencana mengumumkan hasil tindak lanjut surat rekomendasi Bawaslu terkait pelanggaran administrasi dengan sanksi diskualifikasi. Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Jamaludin mengatakan, pihaknya sampai saat ini memang masih melakukan pencermatan, pengkajian, dan pematangan terkait surat rekomendasi dari Bawaslu […]