Musim Keberangkatan Calhaj Hidupkan Geliat Ekonomi Masyarakat di Asrama Haji

Editor Stan berjualan masyarakat di sekitar Asrama Haji Pondokgede./vis kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PONDOKGEDE – Tahun ini Indonesia kembali memberangkatkan jemaah calhaj (calon haji) setelah dua tahun dibatalkan karena pandemi.

Fase keberangkatan jemaah calhaj sudah berlangung sejak 4 Juni di berbagai embarkasi, termasuk Asrama Haji Pondokgede.

Hilir mudik jemaah calhaj dan keluarga pengantar, ikut bardampak pada hidupnya geliat ekonomi masyarakat yang berjualan di sekitar Asrama Haji Pondokgede, termasuk juga yang membuka stand penukaran uang (money changer).

Sebagian masyarakat tampak berjualan berbagai macam snack, makanan ringan, minuman botol, hingga pernak-pernik perlengkapan ibadah.

“Alhamdulillah, musim haji tahun ini banyak membawa keberkahan. Kita jualan di sini, sangat membantu perekonomian keluarga,” kata Budi, pedagang asal Madura yang berjualan minuman di Asrama Haji kepada Media Center Haji, Jakarta, Rabu (8/6/2022), dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

“Lumayan, banyak yang beli. Orang silih berganti, mungkin mereka mengantarkan saudaranya yang hendak haji,” tambah Budi ketika ditanya hasil jualannya per hari.

Budi menjelaskan, musim haji kali ini, walau tidak seperti musim sebelum pandemi Covid-19, hasil berjualan makanan snack di asrama cukup menambah pendapatannya dari hari biasa.

Tidak hanya siang hari, lanjut Budi, malam hari pun, banyak orang yang membeli barang dagangannya, bahkan sampai kehabisan stok minuman botol.

Budi turut berdoa, semoga pandemi Covid-19 segera hilang dari Indonesia, agar musim haji tahun-tahun berikutnya berjalan normal. Dengan begitu, Asrama Haji Pondok Gede semakin banyak didatangi masyarakat.

“Ramainya orang di sini, sangat menambah rezeki, dan meraup rupiah untuk kami. Semoga musim haji tahun-tahun mendatang, segera normal, Covid-19 tidak ada lagi,” tutup Budi. @fen

Baca Juga :  Ditjen PHU Minta Jemaah Haji Penuhi Vaksin Dosis Lengkap

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

REFLEKSI | Hadirkan Nurani dalam Dakwahmu

Jum Jun 10 , 2022
Silahkan bagikan Oleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn. NURANI kita merupakan ruh penggerak Keimanan, yang merupakan tempat dari adanya gairah kebaikan-kebaikan dari sisi hamba secara individu, sebagai manusia ciptaanNya, dimana Allah langsung mencahayai hatinya dengan cahayaNya. Hingga sifat dari nurani manusia yang baik tersebut, berwujud terang benderang, walau ia dalam perbedaan […]