Musim Pancaroba, Ini Tips Mencegah Flu dan Batuk

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Perubahan cuaca menjadikan banyak orang rentan terkena wabah flu dan batuk. Berikut ini beberapa langkah penting untuk mencegah flu dan batuk, yang bisa Anda terapkan terutama selama musim pancaroba:

1. Cuci Tangan dengan Sabun

 Tangan dapat menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Cuci tangan dengan sabun selama 60 detik atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol selama 30 detik untuk mengurangi risiko penularan¹.

2. Makan Bergizi dan Minum Air yang Cukup

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, buah, sayur, dan teh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jamur shitake yang dimasak dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3. Istirahat Cukup

Jangan memforsir tubuh tanpa rehat. Kesibukan berlebihan tanpa istirahat yang cukup dapat membuat Anda lebih rentan terhadap flu dan batuk.

4. Hindari Kontak dengan Penderita Penyakit Menular

Menghindari berjabat tangan atau kontak dekat dengan orang yang sedang sakit dapat membantu mencegah penularan flu dan batuk.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak paru-paru dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi pernapasan.

6. Olahraga Rutin

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat membantu melindungi diri dari flu dan batuk. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama selama pergantian musim yang sering kali membawa perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi kesehatan.

@mpa

 

Baca Juga :  Orang Tua Korban Bullying PTN Surabaya Tagih Perkembangan Kasus ke Polrestabes

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bentrok Antar Ormas di Bandung, Kapolrestabes : Pelaku dijatuhi Hukuman Berlapis

Ming Apr 21 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Perkara pengeroyokan antara Ormas Sundawani dan Ormas Manggala Garuda Putih yang membuat heboh masyarakat Bandung, salah satu pelakunya dijatuhi pasal berlapis oleh Polrestabes Bandung. Kapolrestabes Bandung Kombespol Dr. Budi Sartono pada hari Sabtu (20/04/2024) menyampaikan bahwa kejadian bermula dari keributan di kawasan Jalan Dayang Sumbi, […]