Musrenbang Diharapkan Hasilkan Kesepakatan dan Kesepahaman Skala Prioritas Pembangunan di Kab. Bandung

Editor Riki Ganesha Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar (kiri bawah). Sementara foto atas jajaran Forkompincam Cileunyi, Anggota DPRD, dan Tim Musren SKPD Kabupaten Bandung difoto bersama, Kamis (18/2/2021), di Aula Kantor Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung./visi news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Riki Ganesa dari Fraksi Golkar mengatakan, dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, temanya fokus pada ,”Membangun Pemulihan Perekonomian Masyarakat yang Eklusif. Kita dari dewan, ya fokus pada pendekatan politik,” kata Riki Ganesa di acara musrenbang tingkat Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (18/2/2021).

Riki Ganesa mengatakan, dalam pelaksanaan musrenbang, DPRD mempunyai kepentingan terhadap proses dan mekanisme perencanaan.

“Yaitu melalui pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan skala prioritas yang dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD sehingga apa yang direncanakan dapat menyentuh langsung terhadap kepentingan masyarakat,” kata anggota dewan dari Fraksi Partai Golongan Karya ini.

Proses pengusulan rencana pembangunan tersebut, imbuhnya, didorong melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

“Dengan adanya aplikasi SIPD, terwujud sistem yang tidak memungkinkan celah ketidakkonsistenan antara perencanaan dengan penganggaran,” ungkap Riki Ganesa, asal daerah pemilihan III ini.

Begitu pula dengan aspirasi masyarakat, kata Riki Ganesa, yang dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD, disusun melalui penerapan aplikasi e-pokir yang terintegrasi dalam SIPD,” ujarnya.

Apabila dikaji lebih mendalam terhadap pendekatan politik, lanjut dia, perlu kesepahaman antara legislatif dengan eksekutif.

“Baik dari sisi program maupun kegiatan dalam mencapai sasaran yang ingin dicapai pada satu tahun anggaran. Terutama program atau kegiatan yang merupakan prioritas kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Pada gilirannya nanti, katanya, sasaran pembangunan yang akan ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bandung 2021-2026 dapat terwujud atas kerja bersama.

“Melalui musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman dalam menyusun daftar skala prioritas pembangunan untuk dijadikan bahan masukan bagi proses lebih lanjut dari perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Baca Juga :  Tim Satgas Garut Bebas Knalpot Bising Kembali Lakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada Pelajar

Pada kesempatan itu, Riki Ganesa juga turut menyikapi tentang penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 tetap harus menjadi fokus perhatian semua pihak.

“Tetap penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona harus menjadi perhatian bersama, setelah pemerintah secara bertahap melaksanakan vaksinasi Covid-19,” pungkasnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Daftar SNMPTN 2021: Sebaiknya Gunakan Laptop atau Komputer

Kam Feb 18 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 telah berlangsung mulai Senin (15/2/2021) hingga Rabu (24/2/2021). Para siswa yang sedang menyelesaikan proses pendaftaran disarankan menggunakan perangkat laptop atau komputer. “Kami merekomendasikan untuk siswa menggunakan perangkat laptop atau komputer saat melakukan pendaftaran guna menghindari kesalahan pengisian data,” tulis LTMPT di akun Instagramnya […]