Olahraga Ringan dan Mudah ini Baik Dilakukan di Pagi Hari

Editor Ilustrasi. /sehatq.com/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda dalam hal berolahraga. Namun, salah satu waktu terbaik untuk menggerakkan badan adalah di pagi hari. Selain mencegah Anda untuk kembali ke tempat tidur, olahraga di pagi hari juga memiliki manfaat.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat berolahraga di pagi hari, seperti meningkatkan suasana hati jadi lebih baik dan membantu meningkatkan energi untuk persiapan beraktivitas sepanjang hari.

Seorang psikolog di Duke University telah meneliti efek olahraga pada pasien depresi dan dia sampai pada kesimpulan bahwa olahraga memiliki peran dalam mengobati kondisi mental mereka dan memiliki peran penting dalam mencegah orang dari kekambuhan.

Selain itu, ada penelitian dari Appalachian State University yang menunjukkan bahwa tekanan darah dapat diturunkan dengan melakukan olahraga pagi secara teratur. Berolahraga pagi juga tidak harus melakukan latihan fisik yang berat. Anda bisa mencoba latihan pagi dengan beberapa olahraga ringan yang sederhana.

Berikut adalah beberapa olahraga ringan di pagi hari yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga kebugaran dan tingkat energi Anda, dilansir dari lifehack.org.

  • Berjalan atau Lari

Olahraga ringan di pagi hari yang pertama adalah berjalan atau lari. Olahraga ini lebih baik dilakukan di luar sehingga Anda dapat terhubung dengan lingkungan, meskipun Anda juga dapat berlari di atas treadmill. Anda dapat mengatur waktu atau menambah rute sesuai dengan kebutuhan waktu Anda.

Manfaat kesehatannya juga cukup besar. Anda dapat membangun tulang yang lebih kuat dan dapat membantu menjaga berat badan Anda. Juga, olahraga ini akan membantu jantung Anda tetap sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Jumping Jack
Baca Juga :  Wali Kota Eri Cahyadi Percepat Penataan Wisata Kota Tua, Dari Kawasan Kya-kya Hingga Ampel

Olahraga ringan di pagi hari yang kedua yaitu jumping jack. Olahraga ini sangat sederhana, namun bagus untuk kesehatan jantung dan juga untuk mengencangkan otot, terutama pada bagian betis dan deltoid.

Latihannya cukup mudah. Anda hanya perlu berdiri tegak, lalu melompat. Namun saat melompat, rentangkan tangan dan kaki. Kemudian ketika mendarat, posisi tubuh kembali seperti semula. Anda dapat mulai dengan melakukannya selama 1 menit dan secara bertahap meningkatkan jumlahnya.

Olahraga ringan di pagi hari yang ketiga adalah plank. Dikutip dari fitday.com, plank sangat berguna untuk membantu membangun otot-otot inti dan memperbaiki postur tubuh. Plank adalah latihan resistensi statis, yang berarti melatih otot tanpa gerakan apa pun. Risiko cederanya juga rendah karena Anda hanya perlu mendorong perut, punggung, dan obliques dengan menahan diri di tempat selama 30 hingga 60 detik. Ini adalah salah satu latihan untuk membentuk inti terbaik tanpa alat yang akan meluruskan tulang belakang Anda dan membantu posisi berdiri dan duduk lebih baik.

  • Squat

Olahraga ringan di pagi hari yang keempat yakni squat. Jangan pernah melewatkan latihan kaki Anda. Akan lebih baik jika Anda melakukan Leg Day setiap hari dengan melakukan satu atau dua set squat di pagi hari. Fakta bahwa kaki Anda adalah kelompok otot terbesar, berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori meski dengan sedikit usaha, serta meningkatkan metabolisme. Selain itu, melatih kaki dapat membantu meningkatkan mobilitas dan mengurangi risiko cedera lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

Olahraga ringan di pagi hari yang kelima yaitu lunges. Ini adalah latihan kaki lainnya yang dapat Anda coba. Lunges akan membantu Anda melatih otot perut pinggul, dan otot-otot di bagian bawah Anda. Cobalah untuk melakukan latihan ini satu set antara 8 dan 12 repetisi untuk setiap kaki. Jangan lupa juga untuk beristirahat antar setnya.

  • Push-Up
Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Cimahi: Cerah Berawan dengan Suhu Antara 24 hingga 32°C

Olahraga ringan di pagi hari yang berikutnya adalah push-up. Untuk mendapatkan tubuh bagian atas yang kuat, Anda tidak bisa melewatkan push-up begitu saja. Push-Up adalah latihan yang bagus untuk membangun otot dada, bahu, trisep, dan lengan bawah. Olahraga ini juga merupakan latihan untuk menunjukkan seberapa bugar Anda.@mpa/mdk

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ulama dan Akademisi Asing Kaji Ulang Relevansi Fikih dan Kemanusiaan Digital dalam AICIS 2023

Ming Apr 30 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dunia terus berubah. Perkembangan teknologi informasi dan transformasi digital menghadirkan tantangan bagi relevansi produk yurisprudensi Islam atau yang dikenal dengan fikih. Banyak persoalan baru yang harus direspons, antara lain terkait “Digital Humanity and Islamic Law”. Beragam persoalan ini akan dibahas bersama oleh para ulama jebolan […]