Orsosmas Diminta Jadi Pelopor Penegak AKB

Editor :
Kasubdit Bin Polmas AKBP Lilis Mulyani (tengah) menyampaikan materi kepada peserta pembinaan sosial masyarakat di Mapolres Sumedang Kamis, (25/2/2021)./visi.news/apih igun

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kepolian Resort Sumedang menjadi tuan rumah penyelenggara Pembinaan Organisasi Sosial Kemasyarakatan (Orsosmas) Bandung Raya. Dalam hal ini Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Restabes Bandung menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Orsosmas se Bandung Raya yang dilaksanakan di Aula Mapolres Sumedang Jalan Prabu Gajah Agung, Sumedang Kamis (25/2/2021).

Dir Binmas Polda Jabar melalui Kasubdit Bin Polmas AKBP Lilis Mulyani, SH, mengatakan, materinyang disampaikannya itu terkait Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 3 Tahun 2021, tentang Pemberlakukan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro.

“Jadi sesuai dengan instruksi Mendagri itu, maka Orsosmas, diharapkan menjadi pelopor adaptasi kehidupan baru (AKB). Yakni kegiatan memberikan himbauan 5 M dan 3 T kepada masyarakat. Dengan demikian maka kegiatan pembinaan Orsosmas se Bandung Raya ini harus diikuti peserta dengan sebaik-baiknya,” pinta AKBP Lilis Suryani.

Selain itu, lanjutnya, Orsosmas juga menjadi duta dalam memberikan himbauan protokol kesehatan terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro. Karena Orsosmas yang bisa langsung berhubungan dengan masyarakat sampai ke tingkat RT-RW.

“Karenanya masyarakat diminta mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan menjaga keutuhan NKRI,”tegasnya.

Peserta pembinaan tersebut masing-masing terdiri dari KBPP Polri Restabes Bandung, Polres Cimahi, Polres Sumedang. Sedangkan unsur Orsosmas lainnya, Senkom adalah Pemuda Pancasila dan PC NU.

Pembinaan Orsosmas se Bandung Raya yang mengusung tema ” Meningkatkan Peran Organisasi Sosial Masyarakat Dalam Memelihara Kamtibmas”.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sumedang diwakili Kabag Sumda, Kasat Binmas Polres Sumedang, Orsosmas se Bandung Raya dan pendamping dari Sat Binmas masing-masing Polres.

Ketua KBPP Polri Restabes Bandung Hadi Gunadi SE,SH mengatakan menjadi Program Polrestabes Bandung 2021, untuk melakukan Pembinaan terhadap Ormas yang berada dibawah pembinaan Kepolisian atau biasa disebut Potmas (Potensi Masyarakat).

Dibawah Pembinaan Polrestabes Bandung dalam hal ini Satuan Binmas Polrestabes Bandung adalah KBPP Polri Restabes Bandung. KBPP Polri Restabes Bandung mendapatkan kesempatan untuk dapat Pembinaan sekaligus Pengarahan bahwa Polisi saat ini tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus mendapatkan dukungan dan aksi nyata dari KBPP Polri dan Potmas yg lain nya.

“Sesuai surat dari Kapolrestabes Bandung kepada KBPP Polri, kami mengirimkan 5 anggota sebagai perwakilan untuk berangkat mengikuti kegiatan Pembinaan tersebut yang bertempat di Mako Polres Sumedang,” katanya.

Dia mengaku, kegiatan tersebut sangat baik dan penuh makna. Isi dari pembinaan itu akan sangat membantu dalam menunjang kebersamaan atau sinergitas antara Kepolisian dengan Potmas.

“Ke depan pembinaan seperti ini dapat dilaksanakan lagi secara berkesinambungan. Dan konsolidasi ini untuk tetap menjaga kondusifitas di masyarakat,” pungkasnya. @pih

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cegah Penularan Covid-19, Cuti Bersama 2021 Dipangkas

Kam Feb 25 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dalam upaya mencegah penularan Covid-19, pemerintah memangkas cuti bersama tahun 2021, dari 7 menjadi 2 hari saja. Keputusan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama tahun 2021 pada Senin 22 Februari 2021. Menanggapi […]