Owner Medco Arifin Panigoro Wafat Meninggalkan Kekayaan Rp 7,86 Triliun

Editor Konglomerat pemilik PT Medco Energi International Tbk Arifin Panigoro bersama istrinya Raisis Kartiwa. /visi.news/medcogroup.co.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | ROCHESTER – Arifin Panigoro meninggal dunia saat menjalani perawatan di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat. Pria yang lebih dikenal sebagai pengusaha itu tutup usia di umur 77 tahun.

Pria dengan julukan raja minyak ini menjadi salah satu jajaran orang terkaya di Indonesia.

Mengutip berbagai sumber, Senin (28/2/2022), Arifin Panigoro dikenal sebagai pendiri dan pemilik Medco Energi yaitu perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia.

Bisnis tersebut didirikan Arifin di Bandung pada 1972 dengan nama CV Corona Electric, yang awalnya bergerak di bidang instalasi listrik.

Keberhasilan Arifin ‘mengasuh’ Medco Group membuatnya mengakuisisi perusahaan migas dari Inggris, Ophir Energy, pada 2019 lalu.

Arifin Panigoro memiliki kekayaan sebesar USD550 juta atau setara Rp7,86 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Dengan kekayaan tersebut, juragan minyak ini masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia. Arifin Panigoro berada di urutan ke-47 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Dia juga turut bergabung dalam mendirikan partai baru yang bernama Partai Demokrasi Pembaruan bersama dengan Sophan Sophiaan, Laksamana Sukardi, Roy B.B. Janis, Sukowaluyo Mintorahardjo, Noviantika Nasution, Didi Supriyanto, Tjiandra Wijaya, Postdam Hutasoit, dan RO Tambunan.

Sebelumnya, ia pernah bergabung dengan PDI-P.

Arifin Panigoro lahir di Bandung, Jawa Barat pada 14 Maret 1945, ketika Jepang menduduki Indonesia.

Ia adalah lulusan S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973.

Setelahnya, Arifin melanjutkan studinya di Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Prancis dan lulus pada 1979.@mpa/suara.com

Baca Juga :  Pembangunan Infrastruktur di Jabar Dapat Dilanjutkan dengan Kerjasama Pentaheliks

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Napak Tilas Jejak Wali, Edi Sudjono (58) Solo Gowes Bandung - Tegal

Sen Feb 28 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIREBON – Bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj, H. Edi Sudjono (58) merayakannya dengan caranya sendiri. Ia melakukan solo gowes napak tilas jejak wali lintas kota & provinsi. Kegiatannya itu dilakukan sejak Minggu (27/2/2022) dan akan berakhir Selasa (1/3/2022). “Kegiatan ini saya lakukan sendiri sambil napak tilas jejak […]