Pagi-pagi Makan Rebusan Kol, Ini Khasiatnya

Editor Kol atau kubis. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kol atau kubis adalah salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan diolah menjadi berbagai masakan. Selain enak, kol juga memiliki gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Itu seperti vitamin A, zat besi, vitamin B6, folat, antioksidan, dan lainnya⁵.

Salah satu cara mengonsumsi kol yang sederhana namun bermanfaat adalah dengan merebusnya. Air rebusan kol ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama jika diminum di pagi hari. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari air rebusan kol:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kol mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat¹.

2. Melancarkan pencernaan.

Kol penuh dengan serat yang tidak larut, yang ramah bagi usus. Serat ini dapat membantu mencerna makanan, melancarkan pergerakan usus, dan mencegah sembelit. Selain itu, kol juga mengandung senyawa belerang yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti gastritis, tukak lambung, dan radang usus.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kol mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kolesterol yang seimbang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan tekanan darah.

Kol mengandung kalium, yang merupakan elektrolit yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Kalium dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi efek natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, mengonsumsi air rebusan kol dapat membantu mencegah hipertensi.

5. Kol membantu melawan kanker.

Kol termasuk dalam golongan kubis-kubisan, yang memiliki zat yang dapat memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut adalah glucosinolate, yang dapat merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi sayuran seperti kol, brokoli, dan kembang kol memiliki penurunan risiko terjadinya kanker payudara.

Baca Juga :  Kolaborasi Twilio dan OpenAI Integrasikan Generative AI untuk Hadirkan Solusi Pemasaran Multi-Channel

6. Membantu menjaga kesehatan jantung.

Kol mengandung vitamin K dan antosianin, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin K berperan dalam pembekuan darah, yang dapat mencegah perdarahan berlebihan. Antosianin adalah pigmen yang memberikan warna ungu pada kol, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

7. Membantu memperkuat tulang.

Kol mengandung kalsium, yang merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kol juga mengandung vitamin D, yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

8. Membantu menurunkan berat badan.

Kol adalah sayuran yang rendah kalori, namun tinggi serat dan air. Hal ini dapat membantu mengisi perut dan mengurangi rasa lapar. Dengan demikian, mengonsumsi air rebusan kol dapat membantu menurunkan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bandung Hari Ini Panas atau Hujan Yah? Ini Prakiraan Cuaca dari BMKG

Sel Des 19 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung, Jawa Barat, mengalami cuaca mendung dan hujan dengan intensitas rendah hingga sedang dalam beberapa hari terakhir. Bagaimana dengan hari ini, Selasa (19/12/2023)? Apakah Bandung masih akan diguyur hujan? Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bandung hari ini akan berawan […]