Paripurna Menyetujui Guntur Hamzah sebagai Hakim Konstitusi dari Usulan DPR

Editor Rapat paripurna DPR RI telah menyetujui Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai Hakim Konstitusi Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di ruang rapat paripurna, Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022)./via dpr.go.id/runi/man/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Rapat paripurna DPR RI telah menyetujui Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai Hakim Konstitusi yang berasal dari unsur lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di ruang rapat paripurna, Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022), dia menanyakan kepada sidang paripurna, dan selanjutnya dijawab setuju oleh para Anggota Dewan.

“Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang yang terhormat apakah persetujuan untuk tidak akan memperpanjang masa jabatan hakim konstitusi yang berasal dari usulan lembaga DPR atas nama Prof. Dr. Aswanto, S.H., M.Si. dan menunjuk saudara Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai Hakim Konstitusi yang berasal dari Dewan Perwakilan Rakyat dapat disetujui?” tanya Dasco. Selanjutnya dijawab, “Setuju!” oleh para anggota dewan.

Persetujuan ini berdasar pada keputusan rapat internal Komisi III yang tidak memperpanjang masa jabatan Hakim Konstitusi yang berasal dari unsur lembaga Dewan Perwakilan Rakyat atas nama Prof. Dr. Aswanto, S.H., M.Si. dan menunjuk saudara Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai Hakim Konstitusi yang berasal dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Sebelumnya Komisi III DPR RI telah melakukan rapat internal pada Kamis 29 September untuk meminta kesediaan menjadi Hakim Konstitusi yang berasal dari lembaga Dewan Perwakilan Rakyat.

Adapun keputusan rapat internal Komisi III DPR RI tersebut adalah menerima kesediaan Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai hakim konstitusi yang berasal dari lembaga Dewan Perwakilan Rakyat.

Dasco pun mengungkapkan, rapat konsultasi pengganti Rapat Bamus hari ini tanggal 29 September telah membahas surat Komisi III, dan dengan keputusan sebagai berikut, lima fraksi menyetujui, satu fraksi menyetujui dengan catatan sesuai mekanisme, satu fraksi menolak dan dua fraksi tidak hadir.
@fen

Baca Juga :  Catatan Kritis untuk Industri Media Tanah Air dan Tanggung Jawab Sosial Jurnalis

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Puluhan Awak Media Narasi TV Diretas, Najwa Sihab Sudah Lapor Polisi

Sab Okt 1 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pendiri Narasi TV Najwa Shihab mengatakan pihaknya telah membuat laporan ke polisi menyusul kasus peretasan, menurutnya hal ini dilakukan karena sudah banyak awak media yang mengalami peretasan. Baca juga 24 Akun Awak Redaksi Narasi Diretas, Polisi Diminta Proaktif Ungkap Pelaku KKJ Menilai Serangan terhadap Jurnalis […]