Pasanggiri Jaipong PAKS SMAN Situraja, Ajang Kreasi dan Apresiasi Seni Budaya Sunda

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SUMEDANG – Sebagai salah satu ekstrakurikuler yang bergerak di bidang seni budaya, PAKS SMAN Situraja Sumedang menggelar pasanggiri jaipong antar pelajar SMP se Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan, mendidik, dan menampilkan karya seni serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah khususnya seni budaya Sunda.

PAKS merupakan singkatan dari Presepsi, Apresiasi, Kreasi, Seni SMA Negeri Situraja. PAKS SMA Negeri Situraja Sumedang, merupakan organisasi atau ektrakurikuler yang bergerak dibidang seni budaya dan lahir pada tanggal 10 Oktober 2010, yang di ketuai oleh Raihan Abdurrahman dan bapak Iwan Kartiwa, S.S., M.Si selaku kepala sekolah nya.

Menurut ketua pelaksana Elsa Melani Herlina, Kamis (7/3/2024),  kegiatan ini bertajuk “Pasanggiri Jaipong PAKS SMA Negeri Situraja” dengan tema kegiatan “Abhinaya Sukma Wiraga”.  Kegiatan ini merupakan sarana pengenalan, pendidikan, dan unjuk karya seni serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah khususnya seni budaya sunda.

PAKS sendiri, katanya, gagasannya bahwa setiap manusia memiliki bakat tersendiri yang selalu dituntut mengembangkan bakat yang dimilikinya tersebut. Bakat yang dimiliki seseorang sendiri berbeda satu dengan yang lain, ada yang berbakat seni, olahraga, dan lain-lain. “Oleh karena itu, kami dari ekstrakurikuler seni PAKS SMA Negeri Situraja Sumedang menyelenggarakan suatu kegiatan yang berupaya mengenalkan, menampilkan, dan mengembangkan kreativitas dalam ranah kesenian agar dapat berimbang dengan pengetahuan formal yang didapat disekolah,” ujarnya.

Dedi Cahyadi, S.Sn selaku pembina OSIS, menambahkan bahwa, pasanggiri seni ini merupakan program tahunan, dimana yang di lombakan terdiri dari berbagai rumpun seni, salah satunya adalah seni tari, dan khususnya tari jaipongan.

Senada dengan itu, Desi Nurjanah, S.Sn selaku Pembina PAKS mengatakan bahwa pada Sabtu (2/3/2024) lalu di SMAN Situraja Sumedang diselenggarakan pasanggiri jaipongan terdiri dari kategori tari tunggal dan kategori tari kelompok/rampak, dengan pesertanya adalah pelajar SMP se Kabupaten Sumedang, adapun dewan juri yang di hadirkan pada kegiatan ini yaitu H. Asep Ediyana Sulaksana, S.Sn., Gr biasa di sapa Uwa Asep Aji dari Bandung, Aida Siti Farida, S.Sn dari Banjaran Bandung dan Ari Budiman, S.Sn dari Rancakalong, Sumedang. Para dewan juri ini sangat berkompeten di bidangnya yaitu bidang seni tari.

Baca Juga :  Kemenangan Kamala Harris Dirayakan di Desa asal Ibunya di India

Dengan adanya kegiatan “Pasanggiri Jaipong PAKS Sma Negeri Situraja” pihaknya berharap kegiatan ini menjadi sarana pengenalan, pendidikan, dan unjuk karya seni serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah khususnya seni budaya sunda. “Serta tidak lupa kami mengucapkan selamat kepada para peserta yang meraih prestasi juara, semoga menjadi motivasi untuk lebih berprestasi dalam berkarya,” pungkasnya.

@bambang melga

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mentorship Program Mitra Bukalapak Dukung Transformasi Warung Jadi Ritel Modern

Kam Mar 7 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) yang menjadi bagian dari ekosistem Bukalapak, melanjutkan program pendampingan intensif untuk 60 pemilik warung di Bandung. Kegiatan bertajuk Mitra Mentorship Program Batch 3 ini bertujuan untuk mengedukasi pemilik warung agar dapat mentransformasi warungnya dengan menghadirkan berbagai layanan digital dan keuangan […]