PASSION | Pegowes Bandung H. Edi Sudjono Gowes Napak Tilas Sejarah Islam di Jawa Timur, Ini Persiapannya

Editor Edi Sudjono di depan Mesjid Rahmat atau Sunan Ampel masjid tertua yang dibangun kurang lebih 600 tahun yang lalu. /visi.news/edi sudjono/dok
Silahkan bagikan
  • Pegowes asal Kabupaten Bandung H. Edi Sudjono pada 1-5 Muharram 1445 Hijriah kembali melakukan Gowes Solo Eksplorasi “Napak Tilas Jejak Wali Songo” (NTSI). Kali ini warga Komplek Permata Biru Blok B RT 01 RW 19, Cinunuk, Kec. Cileunyi, ini melakukannya di Jawa Timur dan Madura. Pengalaman gowes jemaah Masjid Baitul Muttaqin Cinunuk melakukan perjalanan tersebut akan dituangkan dalam beberapa tulisan di VISI.NEWS. Selamat mengikuti. 

GOWES Solo Eksplorasi “Napak Tilas Jejak Wali Songo”((NTSI) yang kedua kalinya saya lakukan. NTSI yang pertama dilakukan tahun 2022 lalu ke Cirebon Jawa Barat dan Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Pada 1 Muharram 1445 Hijriah ini saya melakukan gowes solo di Jawa Timur dan Madura. Selama lima hari perjalanan pada 1-5 Muharram ini sungguh sebuah pengalaman yang sangat berharga dan bisa dilakukan oleh siapapun yang menginginkan perjalanan murah, sehat, dan menyenangkan serta bisa lebih punya waktu di lokasi-lokasi wisata religi.

Persiapan NTSI-2

Menjelang gowes solo NTSI-2 ini, saya melakukan persiapan selama bulan sebelum hari H. Persiapan harus dimulai, terutama fisik dengan melakukan gowes endurance  loop yang dilakukan di Komplek Sumarecon minimal seminggu 2 kali sejauh 50 kilometer (km). Bahkan, untuk persiapan kali ini saya melakukannya lebih intensif selama 9 hari berturut-turut gowes loop di Sumarecon dengan jarak diatas 70 km.

Persiapan lainnya, karena ini khusus ingin mengekplorasi jejak sejarah Islam, maka saya banyak mencari referensi tentang situasi dan kondisi destinasi yang akan dituju do google dan youtube. Mempelajari sejarah walisongo baik melalui referensi atau medsos.

Saya juga jauh-jauh hari menabung untuk biaya akomodasi, agar tidak mengganggu resiko dapur.

Baca Juga :  Berlaku Mulai Kamis (19/4/2024), Pelantikan 500 ASN Pemkab Sidoarjo Dibatalkan

Peralatan Sepeda

Sepeda harus dicek fisiknya utk kenyamanan dan keamanan. Test sepeda dengan gowes endurace akan kelihatan apa-apa yang kurang, dan harus segera diperbaiki atau diganti sparepartnya. Gunakan sadel yang enak dan nyaman.

Test sadel dengan gowes 50 km. Kalo nyaman bisa digunakan. Saya pernah mencoba 3 buah sadel, ternyata sadel yang baru belum tentu enak dipakai, tapi harus dipakai 3 bulan baru nyaman.

Alat Yang Wajib Dibawa

  • Ban dalam dan pendukungnya nya wajib dibawa.
  • Kunci-kunci harus le ngkap.
  • Lampu depan dan belakang wajib dibawa.
  • Safety rompi.

Obat-obatan/Vitamin

  • Sakit kepala/perut
  • Oralit/larutan elektrolit
  • Multivitamin
  • Handiplast/Betadine
    Atau sesuai dengan kebutuhan

Bersambung… 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kalah 2-4 dari PSM Makasar, Klok: Maaf Tak Capai Target

Ming Jul 23 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PAREPARE – Gelandang Persib, Marc Klok mengaku kecewa dan sedih dengan kekalahan 2-4 dri PSM Makassar pada pertandingan pekan keempat Liga 1 2023/2024 di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Sabtu 22 Juli 2023 malam. Bersama rekan-rekannya, Klok mengaku telah berusaha semakismal mungkin untuk meraih kemenangan dari PSM. Namun […]