PBNU soal Hakekok: Tak Ada Agama Punya Ritual Mandi Bareng Pria-Wanita

Editor Robikin Emhas./detikcom/grandyos zafna/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sejumlah pengikut aliran Hakekok Balakasuta diamankan pihak kepolisian usai ritual bugil mandi bareng di rawa viral di media sosial.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyebut tidak ada ajaran agama apa pun di Indonesia yang punya ritual mandi bareng.

“Sependek pengetahuan saya, tidak satu pun agama di Indonesia yang memiliki ritual membersihkan diri dari dosa dengan mandi bersama laki-laki dan perempuan di tempat yang sama dalam waktu yang bersamaan,” jelas Ketua PBNU, Robikin Emhas, Jumat (12/3/2021), seperti dilansir detik.com yang menghubunginya.

Robikin berharap pemuka agama memperkuat pemahaman masyarakat supaya tidak melakukan hal-hal yang menyimpang dari nilai-nilai agama. Apalagi, terkait dengan suatu ritual pembersihan dosa.

Kepada kepolisian dan pemerintah setempat, 16 pegikut Hakekok Balakasuta, pinta Robikin, untuk dibina.

“Agama menuntun setiap pemeluknya agar berbudi luhur. Karenanya agama memberi arah jalan dan tata cara untuk mencapainya dengan cara terhormat. Karena selain bersifat ketuhanan, ujung dari tuntunan agama dimaksud adalah terwujudkan peradaban luhur umat manusia,” jelasnya.

“Saya berharap mereka dibina dengan baik,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap 16 warga Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten. Mereka diamankan karena melakukan ritual yang diduga merupakan bagian dari aliran sesat yang menyebut sebagai kelompok ‘Hakekok Balaksuta’.

Polisi turut menyita kondom dan beberapa barang yang dijadikan jimat oleh kelompok ‘Hakekok’. Ada keris hingga kemenyan yang biasa digunakan oleh mereka selama melakukan ritual bugil dengan mandi bareng di sebuah rawa.

“Ya, betul. Ada beberapa barang yang kami temukan pada saat pengamanan, di antaranya alat kontrasepsi tersebut,” kata Wakapolres Pandeglang Kompol Riky Crisma Wardana kepada detikcom, Jumat (12/3). @fen

Baca Juga :  Perubahan Arab Saudi, Pria-Wanita Nongkrong di Kafe hingga Wisata Dibuka

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Gol Pengujung Laga Lascelles Bawa Newcastle Imbangi Aston Villa

Sab Mar 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gol pengujung laga yang dicetak Jamaal Lascelles membawa Newcastle United mengimbangi Aston Villa 1-1 dalam laga pekan ke-28 Liga Inggris di Stadion St. James’ Park, Newcastle, Inggris, Jumat (12/3/2021) waktu setempat (Sabtu, 13/3/2021 WIB). Lascelles mencetak golnya tepat di menit terakhir injury time pertandingan saat ia merangsek […]