Pejabat Serukan Peningkatan Manajemen Akomodasi Jemaah Haji di Mina

Editor foto Endang Maria Astuti. / visi.news / @istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MAKKAH  – Endang, seorang pejabat yang tidak disebutkan jabatannya, menyerukan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam mengelola akomodasi jemaah haji di Mina. Dalam pernyataannya pada hari Minggu (16/6/2024), ia menekankan bahwa pemerintah harus mempertimbangkan kembali pengaturan ruang yang terbatas di Mina dan mencari solusi untuk meningkatkan kenyamanan jemaah.

Menurut Endang, salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan memetakan dan memitigasi jemaah yang dapat dipulangkan ke hotel atau maktab mereka untuk memberikan kenyamanan lebih. “Semestinya Pemerintah mengambil inisiatif seperti yang pernah saya bilang berkali-kali. Jika memang space di Mina itu terbatas, coba di-mapping dan di-mitigasi jemaah yang bisa dipulangkan ke hotel atau maktab agar mereka lebih nyaman,” ujar Endang.

Ia juga menyoroti pentingnya fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), dan kualitas tidur bagi jemaah. “Dengan tidur nyenyak, tentunya stamina jemaah akan terjamin,” tambahnya. Endang juga menyatakan bahwa masalah makanan dapat dikomunikasikan dan diatur dengan baik asalkan ada inisiatif dari pemerintah.

Namun, Endang mengungkapkan kekecewaannya karena belum melihat tindakan konkret dari pemerintah terkait masalah ini. “Tetapi melihat kondisi seperti ini, kita belum melihat inisiatif dari Pemerintah sebagaimana yang sudah tiga kali saya sampaikan,” ujarnya.

Sebagai solusi, Endang menyarankan agar jemaah dapat dipulangkan ke hotel-hotel di sekitar Mina setelah melakukan lempar jumrah. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi jemaah untuk beristirahat dengan nyaman dan memulihkan stamina mereka.

Pernyataan Endang ini menimbulkan diskusi di kalangan pejabat dan masyarakat tentang bagaimana pemerintah harus menangani situasi ini. Beberapa setuju dengan usulan Endang, sementara yang lain menyarankan alternatif lain atau meminta pemerintah untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik di Mina itu sendiri.

Baca Juga :  Satlantas Polresta Sidoarjo Jalankan Program Berbagi Itu Indah

Kini bola ada di tangan pemerintah untuk merespon masukan dari berbagai pihak dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji selama berada di Mina.

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Zita Anjani Rayakan Idul Adha dengan Berkurban Sapi Bernama Anyeong dan Haseyo

Sen Jun 17 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalam semarak perayaan Hari Raya Idul Adha, Pada Senin (17/6/2024), Zita Anjani turut serta merayakannya dengan cara yang unik. Tahun ini, ia berkurban dua ekor sapi Limosin berbobot satu ton di Cipinang, Jakarta Timur, yang diberi nama Anyeong dan Haseyo. Nama-nama tersebut bukanlah pilihan yang […]