Pelajar SMAN 81 Jakarta Siap Melaju ke Kompetisi Bisnis Tingkat Global Setelah Torehkan Prestasi Gemilang di Kancah Asia Pasifik

Silahkan bagikan

 

VISI.NEWS | JAKARTA – Tim Sievasco Student Company (SC) dari SMAN 81 Jakarta harumkan nama Indonesia dengan menjuarai kompetisi bisnis pelajar tingkat Asia Pasifik, 2023 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition, yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di New Delhi, India pada 29 Mei-2 Juni lalu.

Selain keluar sebagai juara pertama, mereka berhasil menyabet dua penghargaan lainnya, yaitu Product of the Year (Produk Terbaik) dan the Best Business Video (Video Bisnis Terbaik). Capaian gemilang ini membuat para pelajar SMAN 81 Jakarta mampu mengalahkan batas prestasi yang pernah ditorehkan pelajar Indonesia sejak kali pertama kompetisi ini diadakan tahun 2011.

Sebagai perusahaan siswa terbaik di Asia Pasifik, Sievasco SC akan kembali berkompetisi dengan tim pemenang dari kawasan Afrika, Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, dan Timur Tengah untuk memperebutkan pencapaian tertinggi sebagai kelompok bisnis pelajar terbaik di dunia dalam ajang JA Worldwide De La Vega Global Entrepreneurship Award pada bulan Februari 2024 mendatang.

SMAN 81 Jakarta merupakan bagian dari sekolah penerima manfaat inisiatif edukasi kewirausahaan OBH Combi Kalahkan Batas Youth Entrepreneurship Program yang diimplementasikan Prestasi Junior Indonesia bersama PT Combiphar dan OBH Combi. Melalui program ini, pelajar SMA dan SMK di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide bisnis. Para pelajar diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di masyarakat dan lingkungan melalui bisnis yang mereka operasikan di sekolah.

Senior Vice President Marketing & International Operations PT Combiphar, Weitarsa Hendarto mengungkapkan, “Kami sangat bangga dengan kesuksesan yang diraih Sievasco SC dalam kompetisi tersebut. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan, wawasan, dan bimbingan yang mereka dapatkan selama mengikuti program sangat bermanfaat dalam menggali potensi dan mengasah kompetensi bisnis mereka. PT Combiphar melalui produk unggulannya OBH Combi mendukung program ini sebagai bagian dari kampanye ‘OBH Combi Kalahkan Batas’ yang berfokus untuk memotivasi masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda, dalam mengalahkan batasan yang dihadapi mulai dari usia masih belia, lalu melangkah ke prestasi tingkat nasional, dan bahkan memenangkan tingkat region Asia Pacific. Kami berkomitmen untuk mendukung para pelajar SMAN 81 Jakarta ini agar siap terus melaju dan mencetak prestasi di kancah internasional.”

Baca Juga :  Koperasi Wirasoka Karya Bersama, Empat Bulan Berdiri Sudah Meraup Banyak Cuan

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menyampaikan, “Melalui program ini, para pelajar tidak hanya memperoleh pengalaman pertama berwirausaha tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Di tengah situasi pemulihan pascapandemi, pengusaha muda ini menciptakan bisnis yang menguntungkan sekaligus tetap mengedepankan misi sosial dan lingkungan, dengan ambisi untuk membantu membangun komunitas yang lebih baik melalui bisnis mereka. Kami berharap upaya berkelanjutan yang PJI lakukan dengan dukungan mitra sponsor, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, serta Dinas Pendidikan di berbagai wilayah ini dapat terus menjadi wadah lahirnya wirausaha muda baru Indonesia.”

Dalam ajang bergengsi tahunan ini, pelajar SMAN 81 Jakarta bersaing dengan membawa lini produk fesyen ramah lingkungan mereka, Taska. Dengan mendaur ulang 700 kg limbah ban dan memberdayakan enam pengrajin di Jakarta dan Bandung, mereka menciptakan beragam inovasi menarik, mulai dari tas, dompet, clutch, hingga lanyard. Produk tas mereka juga dilengkapi dengan fitur GPS tracker untuk keamanan yang terhubung langsung dengan telepon genggam dan fitur mix and match untuk memberikan rekomendasi padu padan berpakaian. Berkat keunikan tersebut, Sievasco SC berhasil menjual 420 unit produk dan memperoleh pendapatan bisnis hingga Rp67 juta selama delapan bulan beroperasi.

Kepiawaian mengelola bisnis secara berkelanjutan itulah yang membuat Sievasco SC sukses mengungguli sembilan perusahaan siswa dari tujuh negara di regional Asia Pasifik, termasuk India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. “Melalui bisnis ini, kami berupaya untuk mengajak generasi muda untuk segera mengambil aksi nyata dalam membangun dunia yang lebih baik, adil, dan berkelanjutan. Tentunya, partisipasi dalam kompetisi Asia Pasifik memberikan pengalaman yang inspiratif karena kami dapat bertemu dan bertukar ide dengan pengusaha muda dari berbagai negara. Kami akan terus mengembangkan Sievasco SC hingga ke kompetisi global nanti,” ungkap Naura Tsabita Wibowo, President Director Sievasco SC.

Baca Juga :  Kasus Pengeroyokan Berdampak: Diskominfo Pati Kesulitan Mengubah Nama Lokasi di Google Maps

@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siberkreasi Gelar Pelatihan Fotografi dan Digital Marketing Gratis Untuk UMKM, Peserta dan Alumni Prakerja

Ming Jun 11 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Siberkreasi mengadakan workshop fotografi dan digital marketing gratis bagi UMKM, peserta, serta alumni Prakerja bertajuk “Sukseskan Usahamu dengan Teknik Jitu dari Pakarnya”. Pelatihan di kantor Bukalapak ini merupakan bagian dari program Serba Serbi Literasi Digital (SEREAL) yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ketua Umum […]