Pelaksanaan Haji 2021, Indonesia Masih Menunggu Lampu Hijau dari Saudi

Editor Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji 2021./ilustrasi/reuters/via sondonews/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pelaksanaan haji 2021  Indonesia masih menunggu kepastian dari kerajaan Arab Saudi. Hal ini sebagaimana diungkapkan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Agus mengungkapkan, pada Selasa 25 Mei 2021 kemarin, Komite Tinggi Haji Kerajaan Arab Saudi mengadakan pertemuan dengan beberapa Menteri terkait pembahasan pelaksanaan ibadah Haji 2021tahun 1442 Hijriah.

Sidang dipimpin oleh Ketua Komite Tinggi Haji (Lajnah AL-Hajj Al-Ulya), Pangeran Abdul Aziz bin Saud yang juga menjabat Menteri Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

“Dalam pertemuan yang sangat penting ini, Komite Tinggi Haji membahas beberapa rekomendasi untuk selanjutnya akan disampaikan kepada Raja Salman untuk diputuskan di level Diwan Malaki (Royal Court) atau Kantor Raja dalam bentuk dekrit Raja (al-Amru al-Sami),” kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/5/2021), seperti dilansir sindonews.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Penasihat Raja, Ketua Komite Pusat Haji Arab Saudi, Pangeran Khalid al-Faisal yang juga menjabat Gubernur Mekah dan Ketua Lajnah Haji, Pangeran Faisal bin Salman, Gubernur Madinah yang juga putra Raja Salman.

Dari kementerian Haji dan Umrah juga hadir dengan diwakili Wakil Menteri, Dr. Abdul Fattah Mashat sementara dari Badan Intelijen Saudi hadir Kepala PSS (Presidency of State Security, Riasah Amn Al-Daulah), Abdul Aziz Al-Howairini. Hadir juga Wamenlu Arab Saudi, Waleed Abdul Karim.

Menteri kesehatan, Menteri perhubungan dan juga komunikasi juga tampak hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan secara virtual tersebut.

“Sebagai Dubes RI di Saudi sekaligus sebagai pelayan jemaah haji Indonesia, saya yakin tidak lama lagi akan ada pengumuman pelaksanaan ibadah haji tahun ini, termasuk jumlah kuota, protokol ibadah dan juga protokol kesehatan yang sangat ketat,” tuturnya.

Baca Juga :  Lawan Terberat di Liga 1 Adalah Diri Sendiri, Kata Marc Klok

“KBRI Riyadh sudah melakukan komunikasi intensif dengan pihak Kerajaan Arab Saudi agar memberikan kemudahan-kemudahan kepada jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini,” pungkas Agus. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

BMKG: Fenomena Super Blood Moon Berpotensi Terjadi Banjir Rob

Rab Mei 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan jika fenomena super blood moon akan mempengaruhi ketinggian gelombang laut di sejumlah wilayah di Indonesia sehingga berpotensi terjadi banjir rob. Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Selasa (25/5/2021) sebagaimana dilansir Antara mengatakan, angin […]