Pelaksanaan Salat Jumat Pertama di Masjidil Haram di Bulan Ramadan Berjalan Tertib dan Lancar

Editor Pelaksanaan jumatan pertama di bulan Ramadan di Mesjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi berjalan tertib dan lancar. /saudigazette
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MEKKAH — Masjidil Haram di Makkah pada Jumat (15/33/2024) dipadati jamaah yang dengan tertib melaksanakan salat Jumat pertama Ramadhan. Hal ini menunjukkan upaya gabungan dari otoritas umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta departemen lain untuk mengelola ketertiban jemaah di masjid besar berjalan sesuai rencana.

Pihak berwenang Arab Saudi, seperti dilansir dari saudigazette.com.sa, Sabtu (16/3/2024), sejak dini hari telah bersiap mengatur halaman masjid yang luas, pintu masuk, dan koridor untuk memfasilitasi kelancaran akses bagi jamaah. Sejak dini hari, jamaah mulai memenuhi bagian dalam dan koridor masjid, dengan barisan jamaah bahkan memanjang hingga ke jalan-jalan terdekat. Perluasan masjid yang ketiga di Saudi membuat jamaah tersebar di tiga tingkat, mendapatkan manfaat dari penataan yang luas.

Untuk meningkatkan pengalaman spiritual, pihak berwenang menyediakan berbagai layanan. Salinan Al-Qur’an, tersedia dalam berbagai terjemahan, dibagikan kepada mereka yang ingin melakukan pengajian. Operasi pembersihan ditingkatkan di seluruh masjid untuk menjaga lingkungan yang murni. Fasilitas penting seperti pengeras suara, ventilasi, dan sistem pendingin udara dioptimalkan untuk menjamin kenyamanan. Perangkat penerjemah untuk khutbah Jumat juga disediakan, sehingga membantu jamaah dari berbagai latar belakang untuk terhubung dengan ajaran khutbah.

Bagi individu dengan tantangan mobilitas, tersedia sekitar 5.000 kereta tradisional dan listrik, yang dapat diakses melalui aplikasi “Mobility”. Upaya untuk mendisinfeksi dan mengelola layanan gerobak direncanakan secara cermat, dengan para petugas gerobak dan pengawas ditempatkan secara strategis untuk membantu dan mengarahkan jamaah, sehingga mendorong kelancaran arus di seluruh masjid. Personel keamanan juga dikerahkan dalam jumlah besar untuk membantu pengelolaan massa dan memberikan arahan guna menjamin kelancaran pergerakan jemaah.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kab. Bandung, Cileunyi Tertinggi Rancabali Sepi

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Sidoarjo Lanjutkan Proyek Betonisasi Di Kawasan Rawan Bencana Tanggulangin

Sab Mar 16 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SIDOARJO – Sabtu, (16/3/2024). Tahun 2024 ini, jalan Desa Banjarasri Kecamatan Tanggulangin kembali dibeton. Terakhir kali, betonisasi dilakukan di tahun 2020 lalu. Desa Banjarsari menjadi daerah rawan bencana banjir. Bisa dikata, banjir musiman selalu terjadi setiap tahunnya. Genangan air hujan meluber kemana-mana. Masuk rumah warga dan menggenangi […]