PELUANG: Budi Daya Cacing Sutera di Tengah Pandemi

Permintaan cacing sutera meningkat dengan banyaknya usaha peternakan ikan hias di Boyolali. Pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah warga di Desa Doplang Boyolali beralih profesi menjadi peternak cacing sutera./antara
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Sejumlah warga di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali melakukan berbagai usaha yang bisa menjadi andalan untuk meningkatkan ekonomi keluarga saat pandemi Covid-19, salah satunya budi daya cacing sutera.

Salah seorang peternak cacing sutera, Supriyanto (42) warga Desa Domplangteras, Boyolali, Selasa (27/10/2020) mengatakan, warga Donplang pada masa pandemi Covid-19 ini melakukan berbagai usaha untuk bertahan, termasuk budi daya cacing sutera untuk makanan ikan hias.

Menurut Supriyanto, dirinya sebelumnya berdagang wedangan di Desa Domplang, namun karena pandemi Covid-19, beralih menjadi peternak cacing sutera yang cukup menjanjikan untuk membantu perekonomian keluarga.

“Permintaan cacing sutera meningkat dengan banyaknya usaha peternakan ikan hias di Boyolali. Pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah warga di Desa Doplang Boyolali beralih profesi menjadi peternak cacing sutera,” kata Supriyanto, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Menurut dia, cacing sutera muncul dari limbah dari puluhan kolam ikan lele yang ada di sekitarnya. Cacing sutera ini nantinya digunakan sebagai pakan bibit ikan nila/gurami/lele/ dan untuk makan ikan hias yang kini banyak diminati masyarakat.

Harga cacing sutera bervariasi mulai Rp 25 ribu per liter hingga Rp 27 ribu per liternya. Omzet dari usaha budi daya cacing sutera rata-rata mencapai Rp 6 juta hingga Rp 7 juta per bulan dengan lahan 11 petak bidang tanah untuk cacing sutera.

“Kami dengan 11 petak sawah untuk budi daya cacing bisa menghasilkan sekitar 240 liter hingga 250 liter per bulan,” katanya.

Produksi cacing sutera tidak perlu susah payah menjual hasil panenannya karena tengkulak sudah datang ke lokasi untuk membeli.

Siswanto (46) Kadus Desa Doplang menambahkan budi daya cacing sutera dilakukan warga Desa Doplang karena melihat meningkatnya pesanan untuk memberikan makanan ikan hias.

Jumlah peternak di Desa Doplang kini mencapai 15 orang yang membudidayakan cacing sutera. Biasanya cacing sutera ada pelanggan yang mengambil ke lokasi, dia harus pesan peternak terlebih dahulu. Hasilnya lumayan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KIPRAH: Anggota TNI Selami Parit Bersihkan Sampah hingga Dapat 5 Kuintal

Rab Okt 28 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Sektor 15 Citarum Harum menyelam di parit untuk membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di Jalan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih mengatakan bahwa sampah menyumbat saluran dan menyebabkan air meluap ke jalanan […]