Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Bergantung pada Qatar

Editor Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan sebelum akhirnya kalah 1-3 dari Irak pada ajang pembuka Piala Asia 2023 di di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | QATAR – Tim Nasional (Timnas) Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar. Namun, peluang tersebut tidak hanya ditentukan oleh hasil pertandingan Timnas Indonesia melawan Jepang pada matchday ketiga Grup D, melainkan juga oleh hasil pertandingan Qatar melawan China pada matchday ketiga Grup A.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi ketiga Grup D dengan koleksi tiga poin, hasil dari kemenangan 1-0 atas Vietnam dan kekalahan 1-4 dari Irak. Untuk lolos ke 16 besar sebagai dua tim teratas Grup D, Timnas Indonesia harus mengalahkan Jepang yang saat ini berada di posisi kedua dengan tiga poin juga, tetapi unggul selisih gol.

Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Jepang akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Jika Timnas Indonesia berhasil menang, maka mereka akan mengamankan tiket ke 16 besar sebagai runner-up Grup D, di bawah Irak yang sudah memastikan diri sebagai juara grup dengan enam poin.

Namun, jika Timnas Indonesia hanya bermain imbang atau kalah dari Jepang, maka mereka harus berharap lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada. Dari enam grup, hanya dua grup yang tidak akan mengirimkan tim peringkat ketiga terbaiknya, yaitu Grup E dan Grup F.

Grup E sudah dipastikan tidak akan mengirimkan tim peringkat ketiga terbaiknya karena Bahrain sudah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan, sementara Malaysia sudah tersingkir tanpa poin. Grup F juga sudah dipastikan tidak akan mengirimkan tim peringkat ketiga terbaiknya karena Thailand sudah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan, sementara Kirgistan sudah tersingkir tanpa poin.

Baca Juga :  HIKMAH: Ibadah Terbaik dan Paling Bermanfaat Menurut Ibnu Qayyim

Dengan demikian, Timnas Indonesia harus bersaing dengan tim peringkat ketiga dari Grup A, Grup B, Grup C, dan Grup G. Saat ini, tim peringkat ketiga dari Grup A adalah Tajikistan dengan satu poin, dari Grup B adalah Suriah dengan satu poin, dari Grup C adalah Palestina dengan satu poin, dan dari Grup G adalah Oman dengan nol poin.

Timnas Indonesia masih unggul dari keempat tim tersebut, tetapi mereka harus waspada dengan kemungkinan perubahan poin dan selisih gol pada matchday ketiga. Salah satu skenario yang menguntungkan Timnas Indonesia adalah jika Qatar bisa mengalahkan China pada matchday ketiga Grup A.

Jika Qatar menang atas China, maka China akan tetap berada di posisi kedua Grup A dengan dua poin, sementara Tajikistan akan tetap berada di posisi ketiga dengan satu poin. Dengan demikian, Timnas Indonesia akan lebih aman untuk lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik, karena mereka akan unggul dua poin dari Tajikistan.

Pertandingan antara Qatar dan China akan berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Selasa 23 Januari 2024 pukul 21.30 WIB. Jika Qatar bisa menang, maka mereka akan memastikan diri sebagai juara Grup A dengan sembilan poin, sementara China akan berharap lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa ia tidak akan menyerah untuk membawa Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023. Ia mengaku akan mempersiapkan timnya dengan baik untuk menghadapi Jepang, yang merupakan salah satu tim kuat di Asia.

“Kami akan berusaha keras untuk menang melawan Jepang. Kami tahu mereka adalah tim yang sangat bagus, tetapi kami juga punya kepercayaan diri dan semangat juang. Kami akan bermain dengan hati dan jiwa untuk Indonesia,” ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga :  Sadar Muslihat: Antusias Warga Tinggi, Kehadiran Pemilih Hampir 100 Persen pada Pilkades Serentak di Sumedang

@mh

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengamat Pasar Modal: Tahun 2024 Emiten Farmasi Sangat Menjanjikan untuk Jangka Panjang

Sen Jan 22 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Sektor farmasi masih menarik di tahun 2024, termasuk saham-saham emiten di sektor tersebut. Meski tantangannya banyak, peluang yang ditawarkan juga tidak sedikit. Banyaknya perusahaan farmasi di Indonesia yang terus bertumbuh, baik dari sisi produksi obat-obatan maupun alat kesehatan serta jamu merupakan faktor yang membuat pasar farmasi […]