Pembangunan ‘Data Center’ Diharapkan Tingkatkan Akselerasi Bisnis dan Korporasi

Editor Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohammad Hekal./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS|JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohammad Hekal menyampaikan penggunaan teknologi digital meningkat sangat pesat selama beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan hal tersebut, bisnis penyediaan layanan data center juga diperkirakan akan semakin berkembang di masa-masa mendatang. Hekal berharap pembangunan data center mampu meningkatkan kinerja perusahaan, sekaligus berkontribusi pada akselerasi bisnis platform digital dan korporasi dari berbagai sektor.

 

Pertumbuhan data center di Indonesia, lanjut Hekal, diproyeksikan mencapai 23,5 persen per tahun pada periode tahun 2020-2025. Tingginya potensi bisnis data center di Indonesia ini didukung oleh kondisi demografi Indonesia yang memiliki pasar internet dan pengguna smartphone aktif terbesar di Asia Tenggara. Indonesia bahkan diperkirakan akan menjadi the next hub bisnis data center di Asia, setelah Singapura dan Hongkong.

 

“Melihat potensi bisnis pusat data yang sangat besar tersebut serta sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan terdepan di bisnis digital telco, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. turut serta dalam menangkap peluang bisnis data center tersebut termasuk melaksanakan investasi pada pembangunan pusat data Telkom Hyperscale Data Center atau HDC,” ungkap Hekal saat memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Dirut PT Telkom Indonesia, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/02/2022).

 

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, terkait dengan investasi data center oleh PT Telkom Indonesia, pada kunjungan kerja spesifik ini, Komisi VI DPR RI ingin mendengar secara langsung terkait progres pembangunan Hyperscale Data Center. “Termasuk beberapa aspek teknis terkait antara lain kapasitas data centre, timeline, indikator kelayakan investasi, strategi inovasi, dampak bagi kinerja perusahaan serta tantangan atau permasalahan yang dihadapi di lapangan,” jelas Hekal.

Baca Juga :  Vasanta Group Perkenalkan Shila at Sawangan, Hunian Premium untuk Pelanggan dan Investor Properti

 

Sebelumnya, Dirut PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menyampaikan pasar data center di Indonesia sangat menarik untuk berinvestasi bagi pemain data center global maupun lokal. “Sehingga kita harus mulai dari sekarang untuk memanfaatkan secara maksimal pertumbuhan pasar data center,” kata Ririek. @alfa.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bahas Persiapan IPU ke-144, DPR Gelar Rakor dengan Kementerian dan Lembaga

Sab Feb 12 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar memimpin rapat koordinasi persiapan Penyelengaraan 144th IPU Assembly di Nusa Dua, Bali, 20-24 Maret 2022. Dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itu dihadiri Kementerian/Lembaga yang berkaitan dengan persiapan event internasional tersebut secara daring (virtual). Indonesia […]