Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siapkan Skenario Vaksinasi Saat Ramadhan

Editor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menjelaskan Terkait Vaksinasi di Kantornya/visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan sejumlah skenario pelaksanaan vaksinasi virus Corona atau COVID-19 pada bulan Ramadan. Vaksinasi COVID-19 tidak hanya digelar pagi hingga sore, tapi juga malam hari.

Skenario ini sesuai hasil diskusi pemrov Jateng dengan MUI dan beberapa ulama, yang memutuskan bahwa vaksinasi bagi umat Islam di bulan Ramadhan tetap boleh dilakukan. Namun demikian, dengan alasan kesehatan, vaksinasi dapat dilakukan pada malam hari.

Skenario vaksinasi akan disiapkan di 35 kabupaten/kota di Jateng. Namun, pelaksanaannya tetap disesuaikan dengan jumlah vaksin yang tersedia.

“Rencananya ( memang) begitu,di setiap kabupaten/kota. Hanya itu tadi, kita masih tergantung sekali dengan jumlah vaksinnya,” ucap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui di kantornya, Rabu (7/4/2021).

Seperti sempat diberitakan, jumlah vaksin yang dari pemerintah pusat sangat terbatas dibanding kebutuhan. Ganjar mencatat, dari 24 juta kebutuhan vaksin untuk Jawa Tengah, baru tersedia 1 jutaan vaksin.

Di tengah keterbatasan vaksin, animo masyarakat provinsi ini untuk mendapatkan vaksinasi sangat tinggi. Tidak ada penolakan vaksinasi, justru sebaliknya, saling mengusulkan diri untuk jadi prioritas. Masyarakat Jawa Tengah memiliki kesadaran perlunya vaksin sebagai perlindungan diri.

Di sisi lain, Ganjar menyebutkan bahwa skenario vaksinasi malam hari disiapkan agar target vaksinasi terhadap lansia tetap bisa tercapai. Sebab tidak dipungkiri, akan ada golongan lansia tertentu yang ingin melakukan vaksinasinya setelah berbuka puasa atau malam hari.

“(Skenarionya) sedang kami desain, karena kami khawatir, seandainya yang ‘kasepuhan’ ( lansia ) tidak mau disuntik siang, target ( vaksinasi ) kita untuk lansia ( bisa ) tidak tercapai,” tandasnya. @maf

Baca Juga :  Netty Minta Pemerintah Lakukan Evaluasi Sebelum Bicara Peralihan Pandemi ke Endemi

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemprov Jateng Sediakan Layanan Vaksin Saat Malam Ramadan

Sab Mei 8 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyediakan pelayanan suntik vaksin Covid-19 di malam hari pada bulan Ramadan. Hal itu dilakukan untuk memastikan target vaksinasi tetap bisa tercapai. “Karena kami khawatir seumpama yang ‘kasepuhan’ (lansia) tidak mau disuntik siang, disayangkan (jika) nanti target (vaksinasi) kita untuk lansia tidak tercapai,” […]