Pemimpin Chechnya Sebut Sikap Macron Atas Kartun Nabi Muhammad Dapat Menginspirasi Teroris

Pemimpin wilayah Chechnya Ramzan Kadyrov./tribunnews.com/ist.
Jangan Lupa Bagikan

Pemimpin wilayah Chechnya Ramzan Kadyrov./tribunnews.com/ist.
em>VISI.NEWS – Pemimpin wilayah Chechnya yang mayoritas muslim di Rusia, Selasa (27/102/20) mengatakan Presiden Prancis Emmanuel Macron menginspirasi teroris.

Dia beralasan, Macron membenarkan kartun Nabi Muhammad dilindungi oleh hak kebebasan berbicara.

Ramzan Kadyrov, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, membuat komentar itu, lansir AP, Selasa (27/10/2020), seperti dilansir tribunnews.com.

Setelah Prancis memperingatkan warganya yang tinggal atau bepergian di beberapa negara mayoritas muslim untuk mengambil tindakan pengamanan ekstra karena kemarahan atas kartun tersebut.

Perselisihan itu berakar pada serangan pisau di luar sebuah sekolah Prancis pada 16 Oktober 2020. Dia mana seorang pria asal Chechnya memenggal kepala Samuel Paty, seorang guru sejarah yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara.

Karikatur, pertama kali diterbitkan oleh majalah satir yang kantornya di Paris diserang oleh pria bersenjata yang menewaskan 12 orang pada tahun 2015, dianggap menghujat oleh banyak muslim.

Kadyrov, mantan pemberontak yang mendukung kampanye militer Kremlin yang menumpas pemberontakan Islam di Chechnya dan wilayah Rusia terdekat, telah mengecilkan fakta.

Bahwa penyerang Paty lahir di Chechnya, dengan mengatakan ia dibesarkan di Prancis.
Dalam sebuah posting Instagram pada Selasa (27/102020), Kadyrov mengatakan Macron salah mengkarakterisasi tampilan kartun seperti kebebasan berbicara.

“Anda memaksa orang ke dalam terorisme, mendorong orang ke arahnya, tidak memberikan mereka pilihan apa pun,” katanya.

Dia mengatakan hal itu dapat menciptakan kondisi tumbuhnya ekstremisme di kepala anak muda.

“Anda dapat dengan berani menyebut diri Anda pemimpin dan inspirasi terorisme di negara Anda,” tulis Kadyrov.

Macron, yang memuji Paty sebagai pahlawan yang pendiam, telah berjanji untuk melawan separatisme Islam. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dituding Sombong Usai Jadi Terkenal, Lesty Kejora Dibela Ramzi yang Curiga Ada Motif Tersembunyi

Rab Okt 28 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Lesti Andryani alias Lesty Kejora kini memang menjadi salah satu artis yang paling disorot publik. Apalagi sejak Lesty dekat dengan aktor tampan Rizky Billar sehingga banyak orang yang berharap keduanya bisa berjodoh. Kendati begitu, kepopuleran Lesty nyatanya tak luput dari berbagai komentar negatif hingga isu miring. Salah satunya saat pelantun lagu “Kulepas […]