Pemkab Ciamis Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD

Editor Suasana di ruang Oproom Sekda Ciamis dalam acara RPJMD./visi-news.com/ismail hasbi
Silahkan bagikan

VISI-NEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019 – 2024 di Ruang Oproom Sekretariat Daerah Ciamis, Jawa Barat, Rabu (16/12/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memperoleh masukan penyempurnaan Rancangan Awal Perubahan RPJMD yang akan menghasilkan masukan dan kesepakatan terhadap hasil Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala BAPPEDA Ciamis serta diikuti perwakilan BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, unsur Forkopimda, camat, Kepala OPD lingkup pemerintahan Kabupaten Ciamis secara virtual.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dalam kesempatan itu menyampaikan, forum konsultasi publik rancangan awal perubahan RPJMD ini diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan bawah- atas (bottom up planning) berdasarkan asas demokratisasi dan desentralisasi.

Sekaligus sebagai wadah partisipasi dan wujud transparansi untuk menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang lebih aspiratif dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dalam rancangan awal perubahan RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024 ini, diharapkan ada perubahan strategi dalam pencapaian target kinerja pembangunan yang akan kita rumuskan,” ucap Yana di depan forum.

Oleh karenanya, tambah Yana, dibutuhkan dukungan, saran dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dalam upaya bersama-sama membangun Kabupaten Ciamis.

Yana menuturkan, perencanaan pembangunan Kab. Ciamis periode tahun 2019-2024 merupakan tahap keempat dari rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025.

“Pada tahap tersebut diarahkan untuk memantapkan hasil pembangunan pada tahap sebelumnya dalam rangka pencapaian dana saing untuk mewujudkan kemandirian ekonomi yang berlandaskan pada keunggulan sumber daya manusia dan pengelolaan potensi wilayah,” tambahnya.

Baca Juga :  Kang DS Perintahkan Disperkimtan Bangun Taman Giri Harja

Wabub pun menyampaikan, harapan kepada para perangkat Kepala Daerah untuk mengevaluasi kembali rencana program dan kegiatan yang harus diprioritaskan guna mendukung visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Saya berharap para Kepala Perangkat Daerah melakukan upaya secara maksimal dalam mencapai target kinerja,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang M.Pd diacara yang sama, RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 adalah berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negri No. 86 Tahun 2017 tentang sistem tata cara pelaksanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.@ihb

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kursi Panas DPD Golkar, Siap Diperebutkan Kader

Rab Des 16 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Empat kader Partai Golkar potensial, Sugianto, Cecep Suhendar,Yanto Setianto dan Anang Susanto disebut-sebut masuk dalam bursa calon Ketua DPD Golkar Kabupaten Bandung periode 2021-2025. Saat diwawancara awak media, keempat kader tersebut, menyatakan kesiapannya untuk bertarung di pemilihan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung pada Musyawarah Daerah (Musda) […]