Pemkab Sidoarjo Gelar Screening Mata Dan Operasi Katarak Gratis

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SIDOARJO – Semarak memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 165 tahun 2024 ini diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya kegiatan sosial screening mata dan operasi katarak gratis. Baznas Sidoarjo sebagai penyelenggara kegiatan menggandeng RSI Siti Hajar Sidoarjo.

Pagi tadi kegiatan screening mata dan operasi katarak gratis tersebut digelar di pendopo Delta Wibawa, Kamis, (25/1). Sebanyak 190 orang yang ikut. Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor hadir dalam kesempatan tersebut.

Bupati H. Ahmad Muhdlor atau yang akrab dipanggil Gus Muhdlor mengatakan akses kesehatan bagi masyarakat Sidoarjo sudah menjadi komitmennya sejak awal. Tahun 2024 ini, Universal Health Coverage (UHC) kembali dijalankan. Pemkab Sidoarjo kembali mencover jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan bagi warga Sidoarjo.

“Sejak awal tahun 2024 ini, Kabupaten Sidoarjo sudah menjalankan UHC lagi, ini harus dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Gus Muhdlor mengatakan akses kesehatan akan dipastikannya berjalan dengan baik. Pemerataan pembangunan kesehatan terus dilakukannya. Pelayanan kesehatan juga akan terus ditingkatkannya. Terbukti dengan peningkatan status RSUD Sidoarjo. Dari tipe B menjadi tipe A. Dengan berubahnya status tersebut RSUD Sidoarjo ditetapkan sebagai tempat pelayanan rumah sakit rujukan tertinggi.

“Kabupaten Sidoarjo menjadi kabupaten  pertama di Indonesia yang mempunyai rumah sakit tipe A,” ujarnya.

Gus Muhdlor berharap peningkatan pelayanan kesehatan dapat diikuti rumah sakit daerah lainnya. Setelah itu ia berencana menerapkan sistem holding rumah sakit milik Sidoarjo. Dengan sistem itu manajemen seluruh RSUD Sidoarjo dibawah satu kontrol induk.

“Harapan kami adalah yang RSUD Sidoarjo naik A, RSUD Sibar naik B, dan kita bangun di tiga kwadenan sekaligus rumah sakit tipe D dan akan terapkan sistem holding,” ucapnya.

Baca Juga :  Diduga Ada Pembiaran HP Beredar di Kalangan Napi, AMI akan Geruduk Kanwil Kemenkumham Jatim

Sementara itu Ketua Baznas Sidoarjo M. Chasbil Azis Salju Sodar mengatakan antusiasme masyarakat Sidoarjo mengikuti screening mata dan operasi katarak gratis sangat luar biasa. Dari yang semula ditarget 150 orang menjadi 190 orang.

“Antusiasme warga sangat luar biasa, inshaalloh ini ada 190 peserta screening mata dan operasi katarak gratis,” ucapnya.

Ketua Baznas Sidoarjo M. Chasbil Azis Salju Sodar atau yang akrab disapa Gus Jajuk itu mengatakan skema pembiayaan screening mata dan operasi katarak itu melalui BPJS Kesehatan. Namun BPJS Kesehatan tersebut merupakan CSR perusahaan yang akan tercover selama satu tahun.

“Setelah satu tahun BPJS Kesehatan ini diputus, tidak ada tanggungan kepada pesertanya,” ujarnya.

Gus Jajuk juga mengungkapkan akan ada program BPJS Ketenagakerjaan bagi seribu marbot masjid atau pengurus masjid. Rencananya program tersebut akan disalurkan bersamaan dengan pengajian akbar Gus Iqham tanggal  7 Februari 2024 di MPP Lingkar Timur.

“Nanti kita akan memberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada seribu marbot masjid dhuafa yang inshaalloh besok diberikan kepada perwakilan marbot masjid saat pengajian akbar Gus Iqdam,” tutupnya. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

51.968 Petugas KPPS se-Kota Bandung Dilantik Serentak

Jum Jan 26 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung melantik 3.419 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari Kecamatan Antapani dan Arcamanik di Sport Jabar, Kamis (25/1/2024). Di saat yang bersamaan, ada 51.968 petugas KPPS se-Kota Bandung yang dilantik secara serentak di berbagai lokasi. Hal […]