Pemkot Bandung Punya Program Para Siswa Biasakan Berjalan Kaki ke Sekolah

Editor RASS, instalasi keamanan dan pembentukan karakter siswa dengan berjalan kaki./via bandung.go.id//ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Kota Bandung kini memiliki Rute Aman Selamat Sekolah (RASS). Instalasi RASS ini selain memberi rasa aman para pejalan kaki di lingkungan pendidikan, juga membiasakan anak-anak berjalan kaki ke sekolah.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menghadiri acara Pencanagan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di SMPN 55 Bandung, Jalan Cigondewahkaler, Rabu 20 Juli 2022.

Pencanangan RASS dilakukan oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana di SMPN 55 Bandung Jalan Cigondewahkaler, Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Yana menyebut, berjalan kaki ke sekolah merupakan kebiasaan baik yang perlu diterapkan sejak usia dini.

“Saya harap ini berkelanjutan, dan semoga RASS di berbagai sekolah juga berjalan dan terealisasi,” kata Yana, Rabu 20 Juli 2022.

Ia juga berpesan kepada pengguna kendaraan di jalan untuk menghargai RASS. Sebab, ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan keselamatan perjalanan ke sekolah.

Hadirnya instalasi RASS di SMPN 55 Bandung merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, beserta pihak lainnya termasuk masyarakat di sekitar sekolah.

Kepala DSDABM Kota Bandung, Didi Ruswani menyebut, RASS merupakan kelanjutan dari gerakan bike to school atau bersepeda ke sekolah.

Lebih jauh lagi, Didi menyebut, gerakan ini merupakan upaya pembentukan karakter bagi anak.

Secara filosofis, ia menggambarkan, jalan kaki ke sekolah merupakan pembiasaan untuk membentuk karakter anak sehingga bisa bertanggung jawab.

“Kalau diantar kan sebut saja, cukup jadi penumpang, anak sudah sampai ke sekolah. Tapi kalau dibiasakan berjalan kaki, anak bertanggung jawab untuk bisa datang tepat waktu,” kata Didi.

Baca Juga :  Sangkuriang Nyaleg (4)

Ia juga berharap, kegiatan ini tak sekadar jadi pembangunan infrastruktur, namun juga membangun kebiasaan baik.

Hal senada juga disampaikan Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar. Kata Hikmat, pendidikan dan pembangunan karakter anak adalah tanggung jawab bersama.

“Menerapkan karakter dan kebiasaan baik dilakukan sejak dini. Karena anak-anak ini adalah para pemimpin di kemudian hari,” ujarnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Proses Kasasi Terpidana Mati Herry Wirawan Bergulir, Kuasa Hukum Pantau Terus Perkembangannya

Kam Jul 21 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Proses kasasi atas putusan hukuman mati yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung terhadap Herry Wirawan, hingga saat ini masih bergulir di Mahkamah Agung (MA) Jakarta, lantas sejauhmana perkembangannya ? Kepada VISI.NEWS, Kamis (21/7/22), kuasa hukum terpidana mati Herry Wirawan, Ira Mambo mengatakan, pasca […]