Pemkot Solo Kebut Vaksinasi Jangkau Sasaran Kelompok Rentan

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, menyapa warga kategori kelompok rentan yang mengikuti vaksinasi di Puskesmas Ngoresan, Kecamatan Jebres, Kota Solo./visi.news/tok suwarto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam melaksanakan program “Kebut Vaksinasi” bergerak cepat. Selain menjangkau sasaran anak-anak usia 12 untuk persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), belakangan kelompok-kelompok rentan seperti ibu hamil dan warga lanjut usia (lansia) dengan riwayat penyakit atau komorbid mulai terjangkau vaksinasi.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, dokter Siti Wahyuningsih, pada Jumat (28/8/2021) meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok rentan di Puskesmas Ngoresan, Kecamatan Jebres.

Di Puskesmas yang berlokasi di kawasan padat penduduk pinggiran Kota Solo, Pemkot Solo menyiapkan sebanyak 150 dosis vaksin dengan sasaran warga masyarakat yang memiliki riwayat penyakit atau komorbid.
Menurut Kepala DKK Solo, warga yang tampak antusias mengikuti vaksinasi merupakan para peserta Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis pemegang kartu JKN-KIS.

Warga penerima vaksin yang sebagian besar lansia, dengan tertib menjalankan protokol kesehatan mengantre mengikuti alur pendaftaran.

Wali Kota Solo sambil mengamati warga sesekali langsung menyapa beberapa warga Lansia yang akan divaksinasi.

Gibran memberikan semangat kepada warga sambil berharap kondisi warga yang akan divaksin saat itu dalam kondisi sehat dan tidak ada keluhan.

“Sedaya siap divaksin nggih. Divaksin supados sedaya sehat. Setelah divaksin, Mbah-mbah tunggu dulu untuk observasi biar tidak ada efek samping,” kata Gibran kepada warga yang tengah mengantre.

Wali Kota Solo juga menekankan agar warga Kota Solo tidak takut mengikuti vaksinasi. Dia menjelaskan, vaksinasi penting dan dapat diikuti warga kelompok rentan yang memiliki riwayat penyakit komorbid.

“Jangan ada warga yang takut mengikuti vaksinasi. Karena semua dijamin aman termasuk untuk Lansia,” jelasnya.

Baca Juga :  Ace Hasan Soroti Ketimpangan Anggaran Pendidikan Keagamaan

Menurut Gibran, di antara warga penerima vaksin tampak ada lansia yang mengaku kontrol rutin kesehatannya dan ada warga membawa obat – obatan seperti insulin.

Di Puskesmas Ngoresan, Wali Kota Solo bersama Kepala DKK, dokter Siti Wahyuningsih, juga meninjau pelayanan umum yang tetap berjalan disamping pelaksanaan vaksinasi.@tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Liga 1 2021: Bali United Kalahkan Persik 1-0

Sab Agu 28 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bali United menang 1-0 atas Persik Kediri dalam laga pembuka Liga 1 2021 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/8/2021). Serdadu Tridatu mencoba mengambil inisiatif serangan sejak peluit awal tanda Liga 1 2021 bergulir ditiup wasit. Namun justru Persik yang lebih dulu mendapat peluang emas. […]