Pemkot Yogyakarta Tidak Akan Buka Sekolah Tanpa Izin Orang Tua Murid

Editor Seorang Guru saat memberikan arahan kepada siswa, dengan menerapkan Prokes dengan menggunakan masker/visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Kota Yogyakarta berjanji tak akan memaksakan pelaksanaan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah mulai Januari nanti, meski Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah mengizinkan dan menyerahkan keputusan kepada Pemerintah Daerah, sekolah, dan orang tua murid.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan persiapan sekolah untuk menyongsong pembelajaran tatap muka sesuai rekomendasi pusat memang tetap akan dijalankan medio November-Desember ini.

“Namun bagi kami, tetap paling penting untuk pembelajaran tatap muka itu adalah jika hanya orang tua siswa menginginkannya,” tegas Heroe yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Yogyakarta, kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, izin dan dukungan orang tua murid di masa pandemi menjadi faktor terpenting apakah sekolah nanti akan menggelar kegiatan tatap muka sesuai jadwal yang rencanakan pemerintah pusat atau tidak.

Lanjut Heroe, jika semua sudah siap termasuk izin yang diberikan orang tua murid, awal Januari nanti kemungkinan bisa dimulai pembelajaran tatap muka.

“Tapi semuanya juga tergantung dengan perkembangan kasus yang terjadi di Kota Yogyakarta serta kesiapan sekolah dan siswa,” katanya.

Pihaknya menegaskan, rencana pembelajaran tatap muka harus dipersiapkan dengan hati-hati untuk menjamin keselamatan siswa hingga guru.

Untuk itu, sambung Heroe, saat ini pihaknya tetap membuat tahapan dan kebijakan sesuai arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diantaranya mempersiapkan sekolah agar mampu menjalankan protokol kesehatan.

“Maka itu, kami terus melengkapi fasilitas untuk protokol kesehatan Covid-19 di sekolah, seperti alat tes suhu juga tempat cuci tangan di setiap kegiatan pembelajaran,” tuturnya.

Termasuk juga, tambah Heroe, yang dipersiapkan adalah bagaimana kapasitas kelas dan kesiapan sekolah serta guru ketika siswa masuk di lingkungan sekolah dan kelas. Skenario proses pembelajaran di kelas, ketika siswa meninggalkan sekolah usai proses pembelajaran selesai, dan sistem shift juga dimatangkan.

Baca Juga :  Hadapi Demo Mahasiswa 11 April, Mahfud Berharap Tak Ada Kekerasan dan Aparat Tak Bawa Peluru Tajam

Heroe mengungkapkan, pihaknya kini tengah mengkaji pembelajaran tatap muka yang terdiri dari 3-4 shift dalam satu kelas. Jadi, proses pembelajaran tatap muka melalui proses bertahap. “Bahkan sampai penentuan siapa saja siswa yang akan masuk dalam satu shift itu,” ujarnya.

Heroe mengatakan, November sampai Desember ini akan menjadi tahapan untuk persiapan dan uji coba pembelajaran tatap muka itu. “Setiap sekolah harus ada tim Gugus Tugas Covid-19 nya, yang bertugas menyiapkan dan memonitor agar protokol kesehatan bisa dijalankan benar,” jelasnya.

Tak hanya sekolah, tim Satgas Kecamatan juga akan dilibatkan dalam proses persiapan pembelajaran tatap muka itu, jelasnya. Dengan tugas utama yaitu ikut melakukan verifikasi ke sekolah-sekolah yang sudah menyiapkan manajemen protokol kesehatan. Pembukaan sekolah nanti, kata dia, harus sudah melalui verifikasi dari Satgas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Didik Wardaya, menyatakan pemberian izin pembelajaran tatap muka ke sekolah tetap akan dikaji secara mendalam mengacu pada kondisi perkembangan Covid-19 di daerah.

“Kami akan mengatur sistem tatap mukanya tetap secara terbatas sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Perihal Perempuan Jadi Bupati, Berikut Penjelasan Ceu Edoh dan Ustad Bubun

Sen Nov 30 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Komedian yang terkenal dalam sinetron Preman Pensiun, Ceu Edoh berbincang dengan Ustaz Bubun. Dalam bincang-bincangnya itu, Ceu Edoh menanyakan perihal kepemimpinan perempuan dalam sudut pandang islam. Ustaz Bubun yang ditanya oleh Ceu Edoh akhirnya menjabarkan secara detail perihal kepemimpinan perempua tersebut. Menurut Ustaz Bubun, seorang perempuan dibolehkan […]