Pemudik Tanpa Kelengkapan Administrasi Lewat Jalur Jateng Di-test Swab Antigen

Editor Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi, saat menempelkan stiker pada kendaraan pemudik di arus balik Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/2021)./visi.news/dok. polda jateng.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemudik maupun arus balik yang tidak melengkapi diri dengan surat-surat administrasi, seperti dokumen surat swab, SIKM, dan KTP akan di-test swab Antigen.

Hal itu dikemukakan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam
kegiatan pengecekkan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/2021) pagi.

Polda Jateng kembali melaksanakan kegiatan pengecekkan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu(16/5/2021).

Dalam kegiatan itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, didampingi Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, Karo Ops, Karo Log, Dirlantas, dan Kabid Humas Polda Jateng.

Ia menuturkan, jika dalam test swab terbukti reaktif, akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika terbukti negatif, akan diberi surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

“Kita sudah lakukan ini, terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kita lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan ini,” terangnya.

Ia menambahkan, Pos Terpadu Kalikangkung, juga menyiapkan Swab Antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan yang akan balik, akan diberi tanda Stiker Biru setelah Pemerikasaan dinyatakan Lengkap.

“Selain itu, ada 18 rest area yang sudah kita siapkan PPKM Mikro. Kita juga siapkan tes Swab Antigen serta memberikan imbauan kepada mereka,” katanya.

Jajaran Polda Jawa Tengah, selama kegiatan penyekatan di 14 titik pos pengamanan terpadu, sudah memutarbalikkan kendaraan sebanyak 11.750 kendaraan dan memeriksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43.359 ribu kendaraan pada saat arus mudik.

Baca Juga :  RUU PDP Segera Disahkan, DPR Harap Tak Ada Lagi Kebocoran Data Pribadi

Kapolda Jateng mengatakan, dari 11.750 kendaraan yang sudah diputarbalikkan berasal dari beberap daerah, termasuk dari Jawa Barat mau menuju Jateng sebanyak 7.000 kendaraan, sedangkan dari Jatim ke Jateng Sebanyak 6.000 Kendaraan dan 5.000 kendaraan dari DIY ke Jateng.

“Hari ini, kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik,” katanya.

Dalam pemeriksaan itu, lanjut Luthfi, pihaknya juga melibatkan petugas Satgas Covid provinsi dan Pemkot Semarang, dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung.
@zam

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kakorlantas: 72 Orang Reaktif Covid-19 dari 13.675 Sampel Acak Tes Antigen

Sen Mei 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyebutkan 72 orang reaktif Covid-19 dari jumlah sampel acak sebanyak 13.675 orang yang menjalani tes antigen pada sejumlah Pos Penyekatan di Indonesia.   “Random test yang dilaksanakan seluruh Indonesia sebanyak 13.675 hari ini, yang reaktif 72 orang,” ucap Kakorlantas […]